oleh

Tisu Toilet atau Air Bersih, Mana yang Lebih Baik?

Kabar6-Selain toilet jongkok dan kloset duduk, ada dua cara yang biasa dilakukan untuk membersihkan area intim usai buang air kecil (BAK), yaitu dengan memakai tisu dan menggunakan air (semprotan).

Nah, mana sih yang lebih disarankan, memakai tisu atau air? Para ahli sendiri, melansir Womenshealthmag, sebenarnya telah cukup lama berdebat mengenai mana cara membersihkan area intim yang lebih baik setelah BAK, dengan tisu toilet atau air bersih.

Diketahui, banyak wanita yang lebih memilih untuk menggunakan tisu toilet dibandingkan dengan air bersih. Selain dianggap lebih praktis, penggunaan tisu toilet juga dirasa lebih nyaman karena tidak membuat Miss V menjadi basah dan lembap.

Meskipun demikian, membersihkan area intim dengan air bersih juga memiliki beberapa manfaat positif, antara lain:

1. Membantu menurunkan penyebaran kuman
2. Mengurangi iritasi yang dapat terjadi akibat gesekan antara kemaluan dengan tisu toilet
3. Membantu menjaga kebersihan daerah kemaluan sebelum dan setelah berhubungan seks

Menurut para ahli, selain lebih bersih, mencuci Miss V dengan air bersih setelah BAK juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, terutama bagi Anda yang sangat rentan terhadap infeksi ini.

Hal ini karena sebagian besar infeksi saluran kemih disebabkan oleh infeksi bakteri yang ada pada area intim. Para ahli juga menganjurkan untuk membersihkan Miss V menggunakan air bersih sebelum dan terutama setelah berhubungan seks bagi para wanita yang rentan terhadap infeksi saluran kemih.

Menurut the American Congress of Obstetricians and Gynecologists, terdapat beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seorang wanita untuk menderita infeksi saluran kemih, yaitu sering berhubungan seks, menderita diabetes, obesitas, dan penyempitan saluran kemih. ** Baca juga: Yuk, Kembalikan Energi Saat Anda Lelah Melalui Pikiran

Jadi, tisu toilet masih tetap boleh digunakan, namun bila Anda ingin membuat Miss V menjadi lebih bersih, sebaiknya gunakan air bersih untuk membilasnya setelah BAK.(ilj/bbs)

Berita Terbaru