oleh

Tipe Emosi yang Manakah Anda?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu, merupakan reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu.

Bagaimana cara Anda mengendalikan emosi, tergantung seberapa jauh Anda mengenali diri sendiri. Ketika Anda mengenal tipe emosi yang dimiliki, maka Anda bisa belajar untuk berpikir dan bertindak lebih bijaksana.

Ada berapa tipe emosi? Dilansir dari Intisari, berikut uraiannya:

1. Pemikir keras (the intellectual)
Orang dengan jenis emosi ini sangat nyaman dengan aktivitas berpikir. Ia melihat dunia dengan pemikiran yang rasional, dan di antara orang-orang sekitar ia terkenal sebagai pemikir. Tidak hanya itu, ia juga mampu membuat suasana yang panas menjadi sejuk kembali dengan caranya sendiri.

Sayangnya, tipikal ini kurang mempercayai perasaannya sendiri, sulit untuk terlibat dalam hal-hal yang menyenangkan, sensual, dan gembira. Karena itulah perlu keseimbangan hidup dari berbagai aspek. 

2. Emosional (the empath)
Tergolong orang sangat sensitif, penyayang, dan suportif. Mereka biasanya dekat dengan hal-hal yang menyentuh perasaannya. Dalam segala hal sehingga cenderung merasakan ketimbang memikirkannya.

Perasaan yang mendominasi kadang-kadang membuat kondisi hatinya tidak stabil. Berusahalah untuk menenangkan diri dari berbagai perasaan yang campur aduk, setidaknya beberapa menit dalam sehari. Fokuslah untuk membuang perasaan seperti rasa takut dan cemas.
   
Selain itu, belajar juga untuk mengendalikan sensitivitas Anda. Caranya adalah dengan mengurutkan lima situasi emosional yang paling membuat Anda tersentuh. Usahakan untuk tidak sering terlibat dalam situasi-situasi tersebut. Kalaupun harus terlibat, upayakan untuk mengontrol diri.

3. Tenang & kuat (the rock)
Biasanya tergolong orang yang konsisten, stabil, dan selalu ada saat kapan pun saat diperlukan. Orang lain bebas mengekspresikan dirinya di depan tipe ini, karena mereka bukan tipikal orang yang senang menghakimi dan mudah tersinggung.

Namun, mereka sulit mengekspresikan perasaannya sendiri, sehingga orang-orang sekitar cenderung menilai hidupnya datar. Cobalah untuk lebih menyadari perubahan perasaan Anda ketimbang merespons perasaan orang lain. Ingat, menunjukkan emosi pada orang lain juga penting.
   
Ekspresikan perasaan Anda. Apa pun yang Anda rasakan, jangan sungkan untuk diekspresikan dan bagikanlah pada orang lain.

4. Menyesuaikan diri ( the gusher)
Merupakan tipe emosi yang senang untuk mengekspresikan perasaannya. Tipikal orang yang terbuka sehingga ia memiliki banyak teman. Mereka tidak terlalu ambil pusing dengan hal-hal negatif dan cepat move on.

Kelemahannya, mereka cenderung terlalu banyak berbagi informasi pada orang lain sehingga kadang-kadang dianggap terlalu berlebihan. Disarankan agar sebelum mencari dukungan dan bantuan orang lain, cobalah untuk mencari solusi terlebih dahulu. Sediakan waktu untuk berpikir sendiri. Ingat, tidak semua orang harus terlibat dalam urusan Anda, demikian pula sebaliknya. ** Baca juga: Meskipun Cuaca Dingin, Sebaiknya Hindari Mandi Pakai Air Hangat

Dengan mengenali keempat tipe di atas, Anda dapat dengan bijak dan cerdas mengendalikan emosi, sehingga orang di sekitar pun merasa nyaman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru