oleh

Tiongkok Bangun Antena Raksasa yang Bakal Tangkap Data dari Mars dari Jarak 250 Juta Mil

Kabar6-Untuk mendukung misi Mars Tianwen-1 dan semua misi luar angkasanya di masa depan, Tiongkok membangun antena parabola raksasa berdiameter 70 meter di Kota Tianjin.

Antene ini telah diuji, bahkan sudah siap menerima data dari pesawat ruang angkasa misi antarplanet pertama Tiongkok, Tianwen-1. Melansir Space, Tianwen-1 diketahui telah memasuki orbit Mars pada Rabu (10/2/2021) lalu, dan memulai pengamatan sains dan pencitraannya segera setelahnya. Namun, mendapatkan informasi berharga dari Mars kembali ke Bumi dengan jarak hingga 250 juta mil jauhnya membawa tantangan tersendiri.

“Pembangunan antena dimaksudkan untuk menerima data eksplorasi ilmiah yang lemah dari Mars yang berjarak 400 juta kilometer dari Bumi,” kata Li Chunlai, wakil kepala perancang proyek eksplorasi Mars pertama Tiongkok. ** Baca juga: Pecahan Tulang Paha yang Disebut Milik Saudara Yesus di Roma Kemungkinan Milik Orang Lain

Pembangunan antene sendiri dimulai pada Oktober 2018, dan antena piringan seberat 2.700 ton diangkat ke ketinggian 236 kaki April lalu. Antena ini terdiri dari 1.328 panel presisi tinggi dan memiliki luas 4.560 meter persegi.

Antena itu secara resmi diserahkan ke National Astronomical Observatory of China (NAOC), operator antena, pada 3 Februari. Antena ini dapat digerakkan, diputar dan dikemudikan, serta bisa melacak Mars saat posisinya di langit berubah.

Fasilitas baru di Tianjin menggabungkan berbagai antena berdiameter lebih kecil di seluruh negeri untuk mendukung aktivitas luar angkasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru