oleh

Tingkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh Melalui 5 Makanan Ini

Kabar6-Kolagen adalah protein yang memiliki fungsi memberi struktur, kekenyalan, dan peregangan pada kulit. Seiring bertambahnya usia, kita akan menghasilkan lebih sedikit kolagen di kulit.

Akibatnya, kulit menjadi kendur dan keluar garis-garis atau kerutan. Karena itulah, kolagen menjadi salah satu kandungan yang harus ada di dalam produk kecantikan.

Pola makan sehari-hari memainkan peran besar yang meningkatkan penampilan dan keremajaan kulit seseorang. Sumber makanan yang sehat dapat memicu produksi kolagen dalam tubuh. Melansir Beautynesia, ini lima jenis makanan yang mengandung kolagen dan direkomendasikan untuk kecantikan kulit:

1. Air kaldu
Beberapa penelitian terbaru menemukan fakta, kaldu tulang merupakan salah satu sumber kolagen yang baik untuk tubuh. Memasak tulang sapi atau ayam hingga menjadi kaldu dikatakan sebagai salah satu proses ekstraksi kolagen.

Kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat sehingga kaldunya akan mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lainnya. Jadi, membuat sup dengan kaldu asli bisa membantu Anda mendapatkan asupan kolagen tambahan.

2. Ayam
Kebanyakan suplemen kolagen ternyata berasal dari ayam. Daging putih favorit semua orang ini ternyata mengandung banyak kandungan nutrisi dan gizi. Diketahui, ayam ternyata terdiri dari banyak jaringan ikat. Jaringan inilah yang membuat ayam menjadi sumber kolagen yang sehat.

Bahkan, beberapa penelitian menemukan bahwa leher dan tulang rawan ayam merupakan sumber kolagen yang baik untuk perawatan radang sendi.

3. Ikan dan kerang
Seperti hewan lainnya, ikan dan kerang memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Bahkan, banyak orang mengklaim bahwa kolagen dari hewan lain adalah salah satu yang paling mudah diserap. Sayangnya, kita cenderung jarang mengonsumsi bagian-bagian ikan yang paling tinggi kolagennya, seperti kepala atau bola mata.

4. Putih telur
Meskipun telur tidak mengandung jaringan ikat seperti banyak produk hewani lainnya, putih telur memiliki sejumlah besar protein. Nah, protein ini merupakan satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen dalam tubuh.

5. Buah-buahan tropis
Tidak hanya kaya akan vitamin C, buah-buahan tropis seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji juga memiliki kandungan seng, yaitu faktor pendamping lain untuk produksi kolagen. ** Baca juga: Menurut Penelitian, Wanita yang Diselingkuhi Justru adalah ‘Pemenang’

Yuk, mulai memperbaiki pola makan harian yang sehat untuk membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru