oleh

Timbang Badan Tiap Hari Ternyata Bantu Turunkan Berat Badan

Kabar6-Menimbang berat badan setiap hari, menurut sebuah penelitian baru yang dilakukan di Amerika Serikat, ternyata dapat meningkatkan tekad seseorang untuk memiliki gaya hidup sehat dan bahkan menurunkan berat badan.

Para peneliti, melansir dokter.id, menemukan bahwa orang dengan obesitas atau memiliki berat badan berlebih yang menimbang berat badannya setiap hari, akan mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan orang yang lebih jarang menimbang berat badannya. Mengapa demikian? Hal ini karena orang yang menimbang berat badannya setiap hari akan mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan berolahraga lebih teratur dibanding dengan orang yang jarang menimbang berat badannya.

Para ahli menduga, hal ini karena menimbang berat badan secara teratur setiap hari akan membuat seseorang mengetahui apa dampak makanan yang mereka konsumsi terhadap berat badannya. Dengan demikian, mereka pun akan mengurangi porsi makannya dan makan lebih banyak sayur serta buah-buahan.

Meskipun hanya sedikit, penurunan berat badan pada seseorang yang menderita obesitas dapat memperbaiki kondisi kesehatan orang tersebut, misalnya dapat membuat tekanan darah dan kadar gula darahnya menurun.

Melalui penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa peserta penelitian yang menimbang berat badannya setiap hari mengalami penurunan berat badan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan peserta lainnya yang hanya menimbang berat badannya lima hari sekali atau kurang.

Selain penurunan berat badan, para peserta yang menimbang berat badannya setiap hari tampaknya juga mengalami perubahan perilaku menjadi lebih sehat seperti mengurangi konsumsi camilan, lebih jarang makan di luar, sering berolahraga, dan lebih jarang menonton televisi. ** Baca juga: Olahraga Ini Bikin Awet Muda, Lho

Namun hal yang harus diingat, penelitian ini hanya berupa penelitian kecil, dan peneliti pun tidak dapat memastikan apakah benar perubahan perilaku dan penurunan berat badan peserta benar-benar disebabkan oleh menimbang berat badan setiap hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru