oleh

Tim Pengibar Bendera Terpilih di Tangsel Seluruhnya Purna Paskibra

Kabar6- Pasukan pengibar bendera merah putih pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75 di Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan, Senin (17/8/2020) hanya berjumlah enam orang. Keenam orang petugas pengibar bendera yang lolos seleksi ini adalah purna paskibra alias paskibra tahun 2019.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Kota Tangsel, Wiwi Martawijaya mengatakan proses seleksi tim pengibar bendera ini sempat digelar sebelum pandemi Covid 19. Seleksi yang dilakukan di Tangsel baru tahap administrasi. Namun lantaran situasi Covid 19 yang mengharuskan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), maka seleksi pun distop.

“Kebetulan di Tangsel masih tahap administrasi, belum ke tehnik. Makanya (begitu Covid) kita stop,” ujar Wiwi di Balaikota Tangsel, Jumat (14/8/2020).

Wiwi menjelaskan karena kebijakan penyetopan seleksi, maka para peserta yang sudah lolos administrasi pun distop. Demikian pula yang dilakukan pada seleksi paskibra pusat. Berdasarkan aturan dari Pemerintah Pusat, petugas pengibar bendera memanfaatkan purna paskibra atau pengibar bendera tahun 2019.

“Perkembangan dari pusat diambil minimalis, kita memanfaatkan para purna tahun lalu,” ungkapnya.

**Baca juga: Airin Wajibkan Sekcam dan Seklur Ikuti Upacara Live Streaming dari Kantor.

Berdasar kebijakan itu, lanjut Wiwi maka diambil delapan orang paskibra purna yang akan bertugas sebagai pengibar bendera dan pengiringnya. Kedelapan peserta itu dilakukan seleksi, di antaranya tes kesehatan oleh personel TNI. Hasil seleksi itu, dua orang diantaranya dinyatakan tak memenuhi syarat alias tidak lolos seleksi. Hanya enam orang yang memenuhi syarat dan menjalankan masa karantina sebelum bertugas pada HUT RI ke-75 pada Senin (17/8/2020) mendatang.

“Sudah dari dua hari lalu dikarantina sampai pelaksanaan nanti. Di Sol Marina. Hanya keluar akan latihan,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru