oleh

Tim IBO Indonesia Pulang Boyong Medali Dari Bern

Kabar6-Tim Olimpiade Biologi Indonesia (IBO) yang baru saja mengikuti ajang International Biology Olympiad di Bern, Switzerland, tiba di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (22/7/2013). 
Tim IBO yang setiap tahun selalu mendulang prestasi, kembali ke Tanah Air dengan peringkat lebih baik dibanding tahun sebelumnya.
“Prestasi yang dicapai keempat siswa Indonesia yang mengikuti ajang olimpiade cukup bagus dari tahun sebelumnya,” kata Suharlan, Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik di Tangerang.
Untuk tahun depan, kata Suharlan, pihaknya akan lebih meningkatkan prestasi keempat siswa dengan target medali emas untuk setiap siswa. Apalagi pada Juli 2014, Indonesia menjadi tuan rumah IBO yang rencananya dilangsungkan di Bali.
Seluruh siswa peserta IBO yang dikirim ke Bern yang mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, merupakan juara-juara tingkat nasional.
Keempat siswa yang kali ini mewakili Indonesia, yakni Rogerry Deshycka (SMA Pribadi Bandung) yang berhasil medali emas, Muhammad Farlan Maruli (SMA 78 Jakarta) meraih medali perak, Kezie Stevanie Tan Friana (SMAK BPK Penabur Gading Serpong) meraih medali perak, dan Titis Setiyobudi (SMA GBBS Gemolong, Sragen) meraih medali perak.
Keempat siswa tersebut telah mengikuti seleksi mulai dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, dan nasional melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN). Seluruhnya dibina oleh tim pengajar dan asisten dari Sekolah Ilmu Teknologi Hayati (SITH-ITB) Bandung dan Jurusan Biologi Universita Airlangga, Surabaya.
Rogerry Deshycka, peraih medali emas, mengatakan, dirinya sangat senang walau harus mengikuti Pelatnas selama dua tahun. “Saya sangat senang karena di ajang ini diikuti oleh 64 negara, dan Amerika merupakan negara peserta terberat dalam olimpiade,” ujarnya.
Secara keseluruhan dalam olimpiade biologi di Bern, Indonesia menduduki peringkat keenam bersama China, Jepang, dan Taiwan dari 64 negara peserta.(ali/rani)

Berita Terbaru