oleh

Tim Dokter di Tiongkok Keluarkan Sendok yang ‘Bersarang’ Selama Setahun dalam Kerongkongan Seorang Pasien

Kabar6-Kasus langka ditemui tim dokter dari Rumah Sakit Umum Xinjiang Coal Mine, Tiongkok, ketika menangani seorang pasien bernama Zhang.

Pasien pria berusia sekira 20-an tahun itu, melansir allthatsinteresting, sudah selama setahun terakhir hidup dengan sendok berada di kerongkongan. Rupanya, Zhang terpaksa memasukkan sendok ke kerongkongan secara berhati-hati karena bertaruh dengan seorang teman.

Sendok berbahan baja tadi justru tersimpan di dalam esofagusnya tanpa memberikan rasa tidak nyaman. Zhang juga tidak merasa kesakitan. Pria tersebut memutuskan tidak mencari perawatan medis untuk menghilangkan sendok.

Hingga akhirnya, sendok tersebut menjadi ‘masalah’ ketika Zhang mendapat pukulan pada bagian dada. Pria itu pergi ke rumah sakit dengan kesulitan bernapas dan dada yang sakit. Dia harus menjalani x-ray dan dokter dikejutkan dengan hasilnya.

“Saya sangat terkejut. Saya belum pernah menangani pasien seperti ini,” kata dokter spesialis Yu Xiwu.

Dr Xiwu mengungkapkan, sendok mengancam hidup Zhang sehingga dokter harus mengambilnya dengan melakukan bius total. Butuh dua jam bagi tim medis untuk mengeluarkan sendok dari mulut Zhang, dengan prosedur yang berisiko bagi lubang esofagusnya.

Dokter menerangkan, sendok itu diselimuti dengan lendir sehingga bisa menyebabkan infeksi serius. Zhang dapat pulih kembali setelah dirawat di rumah sakit selama dua hari.

Kini, rumah sakit mengeluarkan peringatan keselamatan publik agar masyarakat tidak menelan objek asing seperti alat-alat makan.

“Jangan menjadi terdorong dan melakukan hal yang menyakiti Anda,” demikian pernyataan rumah sakit. “Karena benda asing masuk ke esofagus atau perut dapat mengancam nyawa kapan saja.” (ilj/bbs)