oleh

Tim Barongsai Indonesia Raih Juara Umum

Kabar6-Gema lagu kebangsaan Indonesia Raya akhirnya berkumandang di bagian atrium barat pusat perbelanjaan Living World Alam Sutera di Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Suasana yang diliputi semangat patriotisme itu menjadi bukti bahwa tim Merah-Putih mampu berjaya dalam Kejuaraan Barongsai Internasional ke-2.

“Alhamdulillah, puji Tuhan, target kami untuk bisa meraih gelar juara umum tercapai,” kata Pembina Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI), Arifin Ilham kepada wartawan di lokasi kejuaraan, Minggu (1/6/2014).

Menurutnya, dari dua kategori lomba yang dipertandingkan tim Indonesia sukses menyabet medali emas. Hasil ini menjadi bukti bahwa catatan gelar tim barongsai Indonesia dalam dunia olahraga asal Tiongkok ini sudah patut diperhitungkan.

Torehan prestasi ini pun, terang Ilham, telah mematahkan dominasi tim asal Malaysia yang tahun lalu sukses menggondol seluruh medali.

Dalam kejuaraan yang digelar di lokasi sama, tim barongsai Negeri Jiran sukses meraup semua gelar juara.

“Hasil tahun lalu kami evaluasi. Dan semangat berlatih dan bertanding yang ditunjukan terbukti menjadi kunci kesuksesan tim Barongsai Indonesia,” terangnya.

Di ajang yang diikuti 20 tim terbaik dari sembilan negara peserta ini turut dipertandingkan dua kategori barongsai. Yakni, tim tonggak dan tradisional.

Kejuaraan ini mampu menyedot perhatian sedikitnya seribuan pasang mata pengunjung yang datang dari kota-kota besar di tanah air.

Data yang dihimpun kabar6.com, hasil nilai kedua tim Indonesia hampir sempurna ketika mempertontonkan tarian tradisional Cina tersebut. Untuk kategori tonggak juara I diraih tim Kong Ha Hong asal Indonesia yang mengumpulkan totalĀ  nilai 9,26.

Sedangkan gelar juara II disandang tim Kun Seng Keng Lion and Dance Association asal Malaysia dengan total nilai 9,21. Juara III juga diraih tim asal negara yang sama, yakni Pertubuhan Tarian Singa dan Naga Hong Teik Kedah total nilainya 9,19.

Pada kategori tradisional, juara I sukses diraih tim Dharma Cinta Kasih asal Indonesia yang meraih nilai 9,01. Hal yang membanggakan, usut punya usut tim ini ternyata berdomisi di Kecamatan Serpong, Kota Tangsel.

Sementara untuk juara II disabet tim tim Tian Eng Dragon and Lion Dance asal Singapura yang mengumpulkan nilai 8,95. Juara III disandang tim Kwong Ngai Lion Dance asal Malaysia dengan total nilai 8,91. **Baca juga: Walikota Tangsel Resmikan Bank Sampah Faradisa.

“Hasil ini bisa menjadi modal penting bagi tim-tim binaan FOBI untuk mengikuti kejuaraan dunia barongsai,” tambah Ilham.(yud)

Berita Terbaru