oleh

Tiket Penyebrangan Tidak Naik, Pekerja dan Pemilik Kapal Ancam Mogok Nasional

Kabar6-Pekerja dan pengusaha kapal mengancam mogok beroperasi di 23 lintasan nasional, jika Kemenhub tidak menaikkan harga tiket penyebrangan sesuai KM 172 tahun 2022. Dimana, saat ini, biaya produksi kapal meningkat tajam, paska Presiden Jokowi menaikkan harga BBM.

Mogok beroperasi merupakan jalan terkahir yang akan dilakukan pekerja dan pemilik kapal, jika tuntutan mereka tidak di terima oleh Kemenhub.

“Kita menghindari itu, tapi kalau sampai seandainya kondisi itu harus dilakukan, dihadapkan dengan kondisi itu, ya kami harus lakukan, karena kapal kapal tidak kuat beroperasi. Sekarang pertanyaan itu ke sana, ke Kementrian, mau enggak kapal itu tidak beroperasi di semua lintasan?” kata Sekretaris DPP Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap), Aminduin Rifai, di kantor Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Kota Cilegon, Kamis (22/09/2022).

**Berita Terkait: Buntut Kenaikan Harga BBM, Pegawai dan Pengusaha Kapal Geruduk Kantor BPTD Wilayah VIII Banten

Dia menerangkan, Ketua Umum Gapasdap sudah berada di Jakarta sejak Senin, 19 September 2022, menunggu kabar tarif dari Kemenhub, namun hingga kini belum juga ada kepastian.

Kini, para pekerja maupun pemilik kapal tengah menunggu keputusan resmi dari Kemenhub mengenai kenaikan harga tiket penyebrangan diseluruh lintasan nasional.

“Sejak Senin, menunggu Menhub memanggil Ketua Gapasdap, untuk memberlakukan KM 172 itu. Alhamdulillah sampai saat ini belum ditemui bapak menteri,” terangnya. (Dhi)