oleh

Tiga Komisioner Panwaslu Tangsel Nyalon ke Bawaslu Banten

M Jazuli, M Taufik MZ dan Muhamad Acep‎.(yud)

Kabar6-Puluhan orang calon komisioner telah dinyatakan lolos dalam penjaringan yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten.

Mereka mencoba peruntungan untuk dapat menjadi wasit dalam perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub)‎ Banten yang rencananya akan dihelat pada 15 Februari 2017 mendatang.

Dari sekian nama calon anggota komisioner, juga terdapat ‎tiga nama yang dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bertugas di Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

Mereka masing-masing adalah, Ketua Panwaslu Tangsel M Taufik MZ. Sedangkan dua komisioner lainnya yaitu, Pokja Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Muhamad Acep serta Pokja Divisi Umum dan Sumber Daya Manusia, Muhammad Jazuli.

“Proses penjaringan masih terus berlangsung dengan melibatkan praktisi dan akademisi,” ungkap‎ Pokja Divisi Pengawasan‎ Bawaslu Banten, Eka Setialaksamana, Senin (16/5/2016).

Menurutnya, sebelumnya dalam proses seleksi administrasi telah lolos sembilan orang calon. Tahap berikutnya tes tertulis calon komisioner yang lolos jumlahnya mengerucut jadi enam orang.

Eka jelaskan, tahapan tes akhir yang mesti dilalui enam orang calon komisioner adalah uji kepatutan dan kelayakan (fit and propher test). Pada tahapan seleksi tersebut, pihak Bawaslu Banten terjun langsung menjadi panelis.

Ketika ditanya perihal kemungkinan lolosnya ketiga sosok calon komisioner asal Tangsel tersebut, Eka enggan berandai-andai. “Nanti saja (diinformasikan). Semua peserta bagus-bagus kualitasnya dari hasil tes kemarin,” sahut Eka.

Terpisah, M Taufik MZ, yang mantan Ketua Panwaslu Tangsel, pada Pilkada Tangsel kemarin, mengaku cukup senang namanya kembali lolos pada tes calon Panwaslu Tangsel. **Baca juga: Bawaslu Banten Minta Masyarakat Awasi Perilaku Calon Panwaslu.

“Aalhamdulillah, sampai tes terakhir saya bisa lolos, tetapi masih ada tes-tes selanjutnya yang harus saya lewati. Dan teman-teman Panwalsu kemarin juga lolos tes tertulis,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru