oleh

Tiga Kecamatan di Kabupaten Lebak Terendam Banjir

Kabar6-Tiga kecamatan di Kabupaten Lebak terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 sentimeter. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Yanga.

“Lebak siaga satu banjir, sudah distribusi bantuan. Tiga hari berturut-turut hujan, sudah diprediksi BMKG, Lebak siaga,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Senin (22/01/2018).

Beberapa sungai yang meluap yakni, Cilemer, Ciujung, Ciliman, Cibeurang, Ciateul, dan Cimoyan meluap. Sehingga merendam puluhan rumah yang berada di bantarannya.

“Kenapa terjadi tiap tahun, ini yang terdampak tinggal di bantaran sungai. Saya ingin relokasi, tapi terbentur persoalan lahan,” terangnya.

Itu ingin merelokasi warga ke tengah kota yang berada di Kecamatan Rangkasbitung. Namun, lahan yang representatif dimiliki oleh PTPN dan kini ditanami pohon sawit yang sudah berusia tua.

“Kami sudah menyampaikan surat, agar lahan sawit digunakan untuk permukiman. Karena sawit pun sudah tidak sesuai berada di kota,” jelasnya.

Berdasarkam data yang dihimpun, banjir merendam di Desa Umbuljaya, Kecamatan Banjarsari, merendam 37 rumah. Di Kecamatan Gunung Kencana 28 rumah dan 25 rumah di Kecamatan Cijaku.**Baca Juga: Demokrat Intruksikan Kader Pantau TPS saat Pilkada 2018.

Lalu banjir pun merendam Desa Umbul Jaya, dengan merendam 21 rumah di empat kampung, yakni Cigintung, Sinar Mulya, Sawah, dan Bojong Meong. Banjir ini disebabkan oleh meluapnya Sungai Cibodas.(dhi)

Berita Terbaru