oleh

Tiga Jenis Sayuran yang Lebih Bernutrisi Setelah Dimasak

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Beberapa pendapat ada yang mengatakan bahwa sayuran dan buah mungkin akan kehilangan nutrisi alami yang terkandung di dalamnya, karena diolah dengan cara dimasak matang. Sehingga tidak sedikit orang yang mengonsumsi sayuran mentah.

Namun terdapat jenis sayuran yang ternyata lebih menyehatkan dalam kondisi dimasak ketimbang dimakan mentah.

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, dikutip dari Okezone, menjelaskan bahwa banyak senyawa baik untuk kesehatan manusia yang bertambah ketika sayuran dimasak.

Jenis sayuran apa sajakah itu? Dilansir dari Zeenews, ini dia sayuran yang dimaksud:
1. Tomat
Tomat kaya vitamin C dan likopen. Setelah dikukus atau dimasak dalam air mendidih, nilai gizi tomat tersebut dapat meningkat.

2. Brokoli
Mengandung antioksidan serta fitokimia seperti karotenoid, polifenol, dan glucosinolates. Brokoli juga dianggap makanan super, karena sifat anti-kanker. Setelah dipanaskan, brokoli akan melepaskan lebih banyak karotenoid.

3. Wortel
Sayuran kaya beta-karoten, serat, berbagai vitamin dan mineral, dan memberikan manfaat kesehatan antioksidan akan lebih baik dikonsumsi setelah dimasak. ** Baca juga: Rambut Bisa Rusak dengan Enam Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur

Sayuran mana yang menjadi favorit Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru