oleh

Tiga Desa di Serang-Banten Dapat Bantuan

Kabar6-Tiga kantor desa memprihatinkan di Kabupaten Serang, mendapat bantuan dana APBN senilai Rp 900 juta dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Diharapkan, Pemerintah Desa (Pemdes) dapat memberikan layanan publik yang layak kepada masyarakat.

“Setiap kantor desa akan diberi dana APBN bervariatif mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 300 juta. Kantor desa lain yang kondisinya memprihatinkan akan dianggarkan melalui APBD,” kata Abdul Muhyi, Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Serang kepada pers di Serang, Minggu (21/7/2013).

Muhyi mengemukakan, kucuran dana kepada ketiga Pemdes bermula dari hasil kunjungan ke Kemendagri. Pihaknya meminta bantuan untuk 20 kantor Pemdes di Kabupaten Serang yang belum memiliki kantor.

Contohnya, pelayanan masyarakat di salah satu kantor desa di Kecamatan Lebak Wangi, dilakukan di teras rumah kepada desa.

“Namun, Kemendagri hanya merealisasikan bantuan kepada tiga kantor desa. Sebelumnya, Kemendagri pada tahun 2012 sudah memberikan bantuan untuk pembangunan dua kantor desa dengan jumlah anggaran yang sama dengan tahun ini,” ujar Muhyi.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemdes pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto mengatakan, pihaknya tahun ini mengalokasikan dana APBD senilai Rp 1,5 miliar untuk pembangunan kantor desa yang kondisinya memprihatinkan.

Anggarannya sudah tersedia, namun belum diketahui kantor desa yang mana yang akan direhabilitasi. “Sekarang kita lagi melakukan inventarisasi kantor desa terlebih dahulu,” ujar Rudy.(ant/jus)

Berita Terbaru