oleh

Tidur Pulas Lebih Penting Dibanding Tidur Seharian

Kabar6-Selama ini kita mungkin berfokus pada aspek istirahat yang salah. Studi terbaru yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Washington mengungkapkan bahwa tidur pulas lebih penting daripada waktu tidur Anda.

Para peneliti mengikuti 119 partisipan berusia di atas 60 tahun selama enam malam. Selama enam malam itu, melansir womantalk, peneliti menemukan bahwa partisipan dengan lebih sedikit waktu tidur tapi tidur nyenyak, sebagaimana ditandai oleh gelombang otak mereka, menghasilkan tingkat protein otak tertentu yang disebut Tau. Peningkatan kadar Tau dalam sistem saraf pusat telah dikaitkan dengan Alzheimer atau bentuk kerusakan otak lainnya.

Melihat bahwa hampir semua responden normal secara kognitif, temuan ini memiliki implikasi besar untuk mendeteksi Alzheimer sebelum gejala tradisional gangguan memori dan disorientasi muncul.

Seperti diketahui, tidur sangat penting untuk pencegahan Alzheimer. Faktanya, degenerasi kognitif yang terkait dengan demensia dapat mulai bertahan melalui protein seperti Tau, hingga dua dekade sebelum gejala muncul. ** Baca juga: Alasan Makan Kentang Rebus Lebih Disarankan Ketimbang Kentang Goreng

Hal ini berarti, menjaga kualitas tidur adalah bagian penting dari menjalani gaya hidup sehat dan melindungi kesehatan otak Anda di masa depan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru