oleh

Tidur Dengan Cahaya Terang Bisa Picu Obesitas Wanita

Kabar6-Tahukah Anda, bila ternyata tirai tipis yang bisa membawa sinar masuk ke dalam kamar tidur, kiranya bisa mempengaruhi berat badan pada wanita.

Karena, selain cahaya yang masuk ke dalam kamar bisa membangunkan tidur Anda lebih awal, juga sinar yang terlalu terang juga bisa membuat wanita cepat gemuk.

Hasil penelitian mengungkap bahwa tidur dengan paparan sinar yang terlalu terang, bisa meningkatkan Indeks Massa Tubuh (BMI) dan ukuran pinggang wanita, seperti dilansir oleh Daily Mail.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap 113.000 wanita di Inggris. Mereka mengikuti para partisipan selama 40 tahun untuk mengidentifikasi penyebab utama dari kanker payudara.

Dan, obesitas adalah salah satu faktor risiko yang bisa memicu kanker payudara.

“Metabolisme dipengaruhi oleh siklus ritme tubuh yang berkaitan dengan paparan sinar, waktu tidur dan bangun tidur. Kami menemukan kaitan antara paparan sinar di malam hari dan obesitas. Meski begitu, hingga kini kami tak menemukan alasan dari kaitan tersebut,” ungkap peneliti Profesor Anthony Swerdlow dari The Institute of Cancer Research di London.

Karena semua informasi didapatkan secara bersamaan, peneliti tak bisa menemukan runtutan kaitan antara paparan sinar dengan obesitas.

Namun, penemuan mereka sama dan tetap konsisten dengan penelitian sebelumnya yang mengaitkan paparan sinar dengan metabolisme. Meski begitu peneliti percaya bahwa penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan.

Penelitian ini memang menunjukkan kaitan antara paparan sinar saat tidur dengan obesitas. Namun, bukan berarti tidur di ruangan yang gelap gulita bisa mencegah obesitas. Ini bukan satu-satunya penelitian yang melihat kaitan antara paparan sinar dengan metabolisme. **Baca juga: Kari Bisa Bikin Panjang Umur?

Sebelumnya, peneliti dari Ohio State University juha menunjukkan bahwa paparan sinar di malam hari berkaitan dengan berat badan, lemak dalam tubuh, dan glukosa.(bbs)

Berita Terbaru