oleh

Tidak Selalu Minum Obat, 5 Makanan yang Bantu Redakan Flu

Kabar6-Saat menderita flu, beberapa orang lebih memilih minum obat yang dijual bebas di pasaran. Akibatnya, tidak sedikit orang yang tergantung pada obat-obatan bebas.

Padahal, melansir Beautynesia, beberapa makanan sehat juga dapat menjadi obat alami yang dapat membantu meredakan gejala flu. Apa saja makanan yang dimaksud?

1. Sup ayam
Rempah-rempah seperti bawang putih di dalam sup ayam mengandung antioksidan, antibakteri, antivirus, dan antijamur yang bermanfaat dalam meredakan gejala flu. Selain itu juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan membantu menghilangkan lendir pada tenggorokan dan hidung.

2. Yoghurt
Yoghurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain mengandung bakteri baik, yoghurt pun juga tinggi protein. Sementara itu, sebaiknya pilihlah yoghurt tanpa tambahan gula.

3. Buah yang kaya vitamin C
Kandungan vitamin C sangat berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu, sebagai pengganti obat flu, konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jambu biji, jeruk, stroberi, tomat, leci, kiwi, dan lain lain.

4. Sayuran hijau
Selain buah-buahan, jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan lainnya juga dapat membantu mengatasi flu. Hal ini karena sayuran hijau tersebut mengandung vitamin C dan E yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Saat sedang tidak nafsu makan, cobalah untuk membuat jus sayur atau membuat smothie dengan campuran sayur dan buah pilihan sesuai selera. ** Baca juga: Rutin Olahraga atau Tidur Cukup, Mana yang Lebih Didahulukan?

5. Oatmeal
Oatmeal mengandung vitamin E dan antioksidan polifenol yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tambahkan juga pisang ke dalamnya agar semakin banyak kandungan nutrisinya.

Selain enam jenis makanan tadi, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru