oleh

Tidak Selalu Buruk, Jadi ‘Kaum Rebahan’ Ternyata Baik untuk Fisik dan Mental

Kabar6-Selama pandemi COVID-19 ini Anda disarankan untuk berada di rumah saja, kecuali ada keperluan mendesak atau tidak bisa dilakukan di rumah. Karena itulah, tidak bisa dipungkiri jika kebanyakan orang menjadi ‘kaum rebahan’.

Meski identik dengan bermalas-malasan, tidak produktif dan berkonotasi negatif, kaum rebahan ternyata justru memiliki sejumlah manfaat baik untuk fisik maupun mental, lho.

Menjadi kaum rebahan, melansir CNN Indonesia, bisa terhindar dari ‘burnout’ atau stres karena menumpuknya pekerjaan yang harus segera diselesaikan dalam waktu cepat, yang membuat kepala seperti akan ‘meledak’. Kondisi seperti ini perlu waktu untuk menarik diri dari semua tekanan dengan rasa bosan dan malas, yang seharusnya digunakan sebagai cara untuk kembali mendapatkan kendali atas tubuh dan waktu yang dimiliki.

Manfaat kedua adalah menurunkan tekanan darah. Di saat menumpuknya pekerjaan, sempatkan untuk tidur siang selama 45 menit agar tubuh lebih sehat dan membantu menurunkan tekanan darah karena penat dari pekerjaan. Jadi, tubuh lebih sehat dan siap untuk tantangan berikutnya.

Selanjutnya, meningkatkan kecerdasan emosional. Menyempatkan waktu untuk menonton, itu bermanfaat bagi kecerdasan emosional. Misalnya, menonton drama membuat partisipan bisa mengetahui dan mendeteksi emosi serta pikiran orang lain, daripada menonton film dokumenter atau sama sekali tidak menonton.

Manfaat lainnya, minim kesepian dan lebih percaya diri. Saat menonton film atau drama, Anda akan menyukai tokoh atau karakternya. Anda merasa kenal atau dekat dengan tokoh tersebut.

Dan hal ini ternyata membawa manfaat seperti bisa bebas dari rasa kesepian dan merasa lebih percaya diri. ** Baca juga: Pilih Camilan yang Tepat Sesuai Kondisi Kesehatan

Menariknya, otak tetap sadar membedakan hubungan itu nyata atau sekadar khayalan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru