oleh

Tidak Sehat Jika Makan Siang Dilakukan Sambil Bekerja

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pekerjaan kantor yang seakan tiada habisnya seringkali membuat Anda terpaksa harus makan siang di meja kerja sambil menyelesaikan tugas. Meskipun dapat menghemat waktu, kebiasaan ini tidak disarankan oleh pakar kesehatan.

Dijelaskan, jika Anda tetap menghabiskan waktu makan siang di meja kerja atau bahkan melakukannya bersama dengan saat bekerja, hal ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Dikutip dari Dokter Sehat, berikut efek buruk yang dimaksud:

1. Mengunyah terlalu cepat
Makan dalam kondisi tenang atau tanpa gangguan akan membuat Anda bisa menikmati rasa masakan sekaligus mengunyah makanan dengan benar dan halus. Sebaliknya, makan sambil terburu-buru karena dikejar pekerjaan, membuat Anda cenderung mengunyah makanan lebih singkat.

Akibatnya, makanan yang masuk dalam saluran pencernaan cenderung kasar atau masih kurang halus, sehingga mudah memicu perut kembung atau perut menjadi mulas.

2. Makan berlebihan
Tanpa disadari, makan siang yang dilakukan secara terburu-buru sambil bekerja, akan membuat perut tidak kunjung mendapatkan sinyal kenyang dari otak. Akibatnya, Anda akan terus mengkonsumsi makanan meskipun porsinya sudah berlebihan. Kondisi ini akan berimbas pada kenaikan berat badan.

3. Kuman & bakteri
Makan siang di meja kerja akan membuat berbagai sisa makanan jatuh, sehingga meja kerja kotor dan penuh dengan kuman atau bakteri, sehingga bisa menjadi sarang penyakit yang membahayakan kesehatan. ** Baca juga: Lakukan Hal Ini Sebelum Pukul 8 Pagi

Makan dalam kondisi tenang akan membuat hasil pekerjaan pun menjadi maksimal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru