oleh

Tidak lagi ‘Menangis’, Jepang Jual Bawang Bombay Bebas Air Mata

Smile Ball.(odditycentral.com)
Smile Ball. (Odditycentral)

Kabar6-Anda yang gemar berkutat di dapur tentu tahu jika mengiris bawang bombay butuh ‘perjuangan’ lebih, lantaran sering membuat air mata keluar. Namun berbeda dengan bawang bombay yang satu ini. Dilansir Vemale dari Odditycentral, di Jepang tersedia bawang bombay bernama Smile Ball, yang akan membuat kita tersenyum saat mengirisnya.

Disebutkan, bawang bombay jenis baru ini tercipta setelah melalui proses penelitian yang panjang. Pada 2002, para ilmuwan House Foods Group mempublikasikan jurnal yang berisi hipotesis bahwa enzim-enzim dalam bawang bombay pemicu munculnya air mata itu sebenarnya bisa dilemahkan tanpa mengurangi kualitas rasa dan kandungan nutrisi bawang bombay tersebut. Hasil penelitian itu pun berhasil memenangkan Hadiah Nobel.

House Foods Group mengumumkan bahwa mereka berhasil menekan produksi syn-propanethial-S-oxide dengan memberikan penyinaran ion pada bibit-bibit bawang bombay, sehingga memiliki bau yang tak terlalu tajam dan tak akan memicu produksi air mata saat diiris. ** Baca juga: Geblek! Hanya Gara-gara Sinetron, Ratusan Warga di Bangladesh Tawuran

Tidak hanya itu, bawang bombay Smile Ball ini memiliki rasa manis mirip buah apel atau buah pir. Untuk satu bungkus yang berisi dua butir bawang bombay dibanderol dengan harga sekira Rp57 ribu. Tertarik membeli? (ilj/bbs)

Berita Terbaru