oleh

Tidak Hanya Syarat Salat, Ketahui Manfaat Wudu Bagi Kesehatan

Kabar6-Sebelum menjalankan ibadah salat lima waktu, Anda tentu diwajibkan untuk berwudu. Ya, wudu merupakan salah satu syarat sah salat bagi umat muslim saat akan mendirikan salat.

Setidaknya, Anda berwudu lima kali dalam sehari. Namun tahukah Anda, melansir Fimela, bukan sekadar syarat sah salat, ternyata wudu memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

1. Bersihkan anggota tubuh dari kuman
Meskipun bukan obat kimia, air wudu dapat meningkatkan kesehatan manusia. Air wudu yang mengalir ke anggota tubuh dapat membersihkan kuman-kuman yang mungkin saja menempel.

Selama beraktivitas sehari-hari, Anda tentu akan menyentuh berbagai barang. Apabila rajin berwudu, sudah pasti Anda mencuci tangan hingga muka dengan air mengalir, sehingga kuman pun akan hilang.

Menurut sudut pandang pengobatan secara medis, beberapa peneliti telah membuktikan bahwa wudu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan karena terpaparkan kulit oleh bahan-bahan kimia yang menempel setiap hari dan terserap oleh kulit. Membersihkannya dengan air (berwudu) minimal lima kali sehari jadi salah satu cara efektif untuk mencegahnya.

2. Cegah kerutan pada wajah
Membasuh wajah bisa meremajakan sel-sel kulit wajah dan membantu cegah keriput. Disarankan untuk berwudu sebelum tidur.

3. Jaga kesehatan mulut
Selama berwudu dan ketika berkumur-kumur, dapat membantu hilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut. Ketika berwudu, kita mengenal istilah Istinsyaq yaitu sunah dalam wudu yakni menghirup air ke dalam rongga hidung.

Dalam dunia kesehatan, istinsyaq sama halnya dengan nasal irigation yang berarti mencuci rongga hidung dari segala macam kotoran yang ada di dalamnya mulai dari debu hingga bakteri.

Menghirup air ke dalam rongga hidung bisa membantu mencuci semua kuman-kuman atau alergi yang kayak debu ataupun bakteri ataupun virus dari hidung.

Jika dalam sehari kita melakukan salat lima waktu dan setiap berwudu beristinsyaq sebanyak tiga kali, artinya Anda sudah membersihkan rongga hidung sebanyak 15 kali.

Jika rongga hidung bersih, tentu Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit saluran pernapasan seperti influenza hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

4. Lancarkan peredaran darah
Saat kulit bersentuhan dengan air, maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh karena bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan suhu dingin air. Tubuh menjadi sejuk dan peredaran darah pun menjadi lancar.

Ketika peredaran tubuh lancar, maka kerja jantung menjadi optimal. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan menghindarkan tubuh dari risiko serangan jantung.

Berwudu juga dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi karena berwudu juga mengusap kepala dengan air. Saat membasuh air ke kepala, akan ada efek segar pada kepala yang membuat pikiran menjadi tenang dan mudah berkonsentrasi. ** Baca juga: Ini Alasan Anda Selalu Dianjurkan Berbuka Puasa dengan yang Manis

Para ahli saraf menyebutkan bahwa air wudu yang mendinginkan ujung-ujung saraf jari tangan dan jari kaki dapat memengaruhi konsentrasi dan pikiran.(ilj/bbs)

Berita Terbaru