oleh

Tidak Hanya Mengandung Kolesterol, Ampela Ayam pun Miliki Sejumlah Nutrisi

Kabar6-Beragam jenis makanan dari jerohan antara lain ayam, sapi, atau kambing biasanya memiliki kandungan senyawa purin yang tinggi. Jerohan sendiri biasanya berupa otak, hati, kelenjar timus, pankreas, dan ginjal.

Salah satu bagian jerohan yang menjadi favorit banyak orang adalah ampela ayam. Bagian ini biasanya satu pasang dengan hati dan jantung. Tidak melulu mengandung kolesterol, dikutip dari berbagai sumber, ampela ayam ternyata juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi, lho. Berikut uraiannya:

1. Rendah lemak & rendah sodium
Sama seperti bagian ayam lainnya, ampela ayam memiliki banyak kandungan nutrisi. Ampela ayam sebenarnya memiliki kandungan rendah lemak dan juga rendah sodium karena setiap 4 ons ampela ayam hanya mengandung 2,34 gram lemak, 78 miligram sodium, dan 107 kalori.

2. Zat besi
Ampela ayam memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Pada setiap 4 ons ampela ayam mengandung hampir 3 miligram zat besi. Jumlah ini lebih dari 35 persen dari jumlah yang disarankan untuk pria dan wanita yang berusia di atas 51 tahun, dan jumlahnya hampir 16 persen dari jumlah yang disarankan untuk wanita berusia di bawah 51 tahun.

Institute of Medicine merekomendasikan antara delapan dan 18 miligram besi per hari untuk pria dan wanita dewasa. Zat besi sangat diperlukan untuk menghasilkan sel darah serta hemoglobin dan mioglobin, dua protein yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda.

3. Niacin (Vitamin B3)
Niacin lebih dikenal dengan sebutan vitamin B3, membantu Anda menjaga kesehatan rambut, kulit, hati dan mata sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Asupan harian vitamin B3 yang direkomendasikan adalah 16 miligram untuk pria dewasa, 14 miligram untuk wanita dewasa, 18 miligram untuk wanita hamil dan 17 miligram untuk wanita menyusui.

Setiap 4 ons ampela ayam, mengandung 4 miligram niacin, jumlah ini hampir memenuhi 23 persen dan 30 persen angka kecukupan gizi untuk pria dan wanita dewasa.

4. Riboflavin (Vitamin B2)
Riboflavin atau yang biasa dikenal sebagai vitamin B2 berperan sebagai antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam setiap 4 ons ampela mengandung 0,262 miligram riboflavin.

Asupan riboflavin harian yang direkomendasikan adalah 1,3 miligram untuk pria, 1,1 miligram untuk wanita, 1,4 miligram untuk wanita hamil dan 1,6 miligram untuk wanita menyusui. ** Baca juga: Sering Tunda Waktu Bangun Tidur Tidak Baik untuk Kesehatan

Meskipun mengandung sejumah nutrisi, Anda tetap harus membatasi konsumsi jerohan menjadi porsi mini atau kurang dari 85 g sekali dalam sebulan. Ampela ayam juga mengandung 272 miligram kolesterol, angka ini hampir mendekati jumlah maksimal asupan kolesterol yang dianjurkan oleh American Heart Association yaitu 300 miligram per hari. (ilj/bbs)

Berita Terbaru