oleh

Tidak Hanya Cukup Istirahat, Ada 5 Hal yang Bantu Atasi Kelelahan Kronis

Kabar6-Terkadang tanpa disadari, Anda sudah bekerja terlalu keras sepanjang hari, dan hal itu terus menerus dilakukan hingga akhir pekan. Ya, beban pekerjaan serta deadline yang singkat membuat Anda harus berpacu melawan waktu.

Padatnya aktivitas tersebut bisa jadi membuat Anda mengalami kelelahan kronis, yaitu penyakit yang ditandai dengan kelelahan yang amat sangat, dan biasanya semakin memburuk ketika melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

Umumnya, sindrom kelelahan kronis disertai dengan berbagai gejala, seperti tidur yang tidak nyenyak, nyeri otot, kesulitan konsentrasi, hingga sakit kepala dan tenggorokan.

Meskipun tidak ada pengobatan atau penanganan yang disepakati untuk kondisi ini, melansir journalsociolla, ada lima hal yang bisa membantu atasi kelelahan kronis, selain waktu istirahat yang cukup. Apa sajakah itu?

1. Hindari makanan olahan
Makanan olahan memang dibuat untuk mempermudah Anda makan tanpa repot memasak. Namun, beberapa makanan olahan dikritik karena kekhawatiran mengenai kandungan gizi yang tergolong rendah.

Tak hanya itu, makanan olahan seperti burger nyatanya mengandung pengawet dan garam yang membuat tubuh bekerja lebih lambat.

2. Kurangi konsumsi kafein
Beberapa orang menganggap konsumsi kafein dapat membuat Anda jadi ‘melek’ sekaligus mengurangi rasa lelah. Padahal minuman dengan kandungan kafein hanya akan memberi dorongan sementara. Setelah kafein meninggalkan tubuh, Anda akan merasakan kelelahan atau disebut caffeine crash.

3. Perbanyak gerakan fisik
Meskipun merasa lelah, penderita sindrom kelelahan kronis dianjurkan untuk banyak bergerak dan tetap berolahraga. Seorang profesor dan pakar fisiologi olahraga bernama Kerry J. Stewart, Ed.D., mengatakan bahwa olahraga justru dapat meningkatkan semangat, kepercayaan diri, efektivitas dalam bekerja, dan kualitas kesehatan secara menyeluruh.

Tak perlu bergerak ekstra, sekadar berjalan kaki selama 15 menit pun dapat bermanfaat mengatasi lelah. ** Baca juga: Penuaan Dini Bisa Disebabkan Oleh Sejumlah Faktor Lingkungan

4. Konsumsi makanan kaya zat besi
Pilih makanan segar yang mengandung lebih banyak nutrisi, seperti buah yang sesuai musimnya sehingga buah matang dengan alami.

Selain buah, Anda juga bisa mengonsumsi makanan lainnya yang menawarkan energi dan mengurangi rasa lelah, seperti kacang-kacangan dan ikan yang mengandung Omega-3 seperti salmon.

5. Temukan cara untuk rileks
Kelelahan kronis tak dipungkiri dapat merusak kesehatan dan kesejahteraan Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda juga perlu menemukan cara agar lebih rileks.

Misalnya, Anda bisa meluangkan waktu 20 menit pada sore hari untuk bermeditasi, karena baik untuk memulihkan tenaga.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan yoga atau latihan pernapasan. Apa pun yang Anda lakukan, temukan waktu untuk bersantai dan mengatur ulang pikiran.(ilj/bbs)

Berita Terbaru