oleh

Tidak Gunakan Masker Saat Mengendarai Mobil Pribadi, Aman atau Tidak?

Kabar6-Belakangan ini banyak pengemudi mobil yang terkena sanksi karena tidak menggunakan masker pada saat mengendarai mobil sendirian. Hal itu kemudian memicu berbagai respon netizen di media massa.

Sebenarnya, amankah melepas masker saat sendirian di dalam mobil? Melansir CNN Indonesia, melepas masker saat Anda menyetir sendirian dalam mobil bukanlah suatu masalah. Masker harus dipakai apabila di dalam mobil ada lebih dari satu orang, untuk mencegah penularan dari orang lain yang berada di dalam mobil yang sama.

Namun, hal tersebut hanya berlaku apabila selama berkendara, Anda tidak membuka jendela mobil, tahu cara menyimpan masker secara baik dan benar, bisa terjangkau apabila sewaktu-waktu diperlukan, serta tidak berkontak dengan satu orang pun. Sementara di sisi lain, sebenarnya tidak ada ruginya apabila kita tetap memakai masker saat berkendara seorang diri.

Selain mengenakan masker dalam mobil, disarankan juga agar menjaga jarak jika mobil ditumpangi lebih dari satu orang, setidaknya sejauh satu meter. ** Baca juga: WHO Sebut, Vaksinasi COVID-19 Tidak akan Selesai Hingga 2022 Mendatang

Hal ini juga bergantung pada ukuran mobil. Untuk mobil berukuran besar dan cukup luas, tidak masalah jika diisi oleh tiga orang penumpang. Sedangkan untuk mobil berukuran kecil, disarankan maksimal diisi oleh dua orang.

Jadi, memakai masker di mobil itu untuk menghindari penularan dari orang yang ada di mobil. Namun apabila Anda sendirian saja di dalam mobil, hal itu tidak menjadi masalah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru