oleh

Tidak Disarankan Tidur dengan Lampu Menyala

Kabar6-Mungkin Anda termasuk orang yang tidak bisa tidur dengan kondisi gelap atau lampu kamar dimatikan. Padahal diketahui, tidur dengan lampu menyala atau cahaya dari televisi yang tidak sempat dimatikan dapat berefek negatif terhadap tubuh. Di antaranya berisiko gangguan tidur dan gangguan kesehatan lainnya seperti depresi, atau kanker.

Colleen Carney seorang profesor psikologi di Toronto Kanada, dilansir Dreamers, mengatakan pada sejumlah orang bahwa ada yang menolak mematikan lampu saat tidur, karena mereka butuh cahaya, atau sumber cahaya lain lantaran takut akan gelap. Dalam penelitian yang dilakukan, Carney berkesimpulan bahwa salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa takut itu adalah dengan secara perlahan mencoba tidur dalam gelap hingga akhirnya terlelap.

Di samping itu, terdapat beberapa gangguan kesehatan yang berpotensi timbul jika tidur dalam kondisi lampu menyala. Pada dasarnya, tubuh memproduksi hormon melatonin sebagai persiapan menjelang tidur. Namun, cahaya menekan melatonin yang kemudian berujung pada gangguan tidur dan kondisi kesehatan yang buruk. Apa saja hal yang mungkin terjadi jika terus menerus tidur dakam kondisi lampu menyala?

1. Kanker
World Health Organization sendiri telah menganggap kerja malam berisiko terhadap potensi kanker payudara atau prostat, khususnya terhadap cahaya yang berefek negatif terhadap siklus tubuh, termasuk siklus tidur dan terjaga. Menurut penelitian terhadap 1,679 perempuan yang dipublikasikan Chronobiology International, cahaya saat tidur termasuk salah satu faktor yang membuat risiko kanker payudara.

2. Depresi
Penelitian kesehatan yang dilakukan Tracy Bedrosian dari The Ohio State University, dan diterbitkan Molecular Psyhiatry menunjukkan bahkan cahaya redup di malam hari juga dapat meningkatkan perubahan psikologis yang mengarah pada depresi. Menurutnya, cahaya rendah pun bisa memengaruhi otak, mengganggu ritme tubuh atau menekan hormon melatonin.

3. Gangguan menstruasi
Llaporan yang dimuat Epidemiology menunjukkan, rotasi kerja malam yang meningkatkan eksposur akan cahaya mengganggu siklus menstruasi para pekerja wanita. Studi yang dilakukan Nurses Health Study II mengungkapkan, mereka yang menghabiskan kerja malam, mengalami gangguan sikus menstruasi mereka yang kemudian menjadi tidak teratur.

4. Berat badan
Di luar gangguan kesehatan di atas, tidur dengan lampu atau cahaya menyala juga berefek terhadap berat badan atau potensi obesitas. Pada uji coba yang dilakukan peneliti terhadap tikus dan diterbitkan Proceedings of the National Academy of Sciences, menyalakan lampu atau cahaya menganggu ritme fisik, dan membuat jadwal makan berantakan. Tikus yang diekpsos cahaya pada malam hari bertambah berat badannya dibanding yang tidak. ** Baca juga: Amankah Mengonsumsi Obat Pelangsing?

Jangan takut gelap, yuk matikan lampu demi kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru