oleh

Tidak Disarankan Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Lantaran diburu waktu, tidak sedikit orang yang begitu bangun tidur langsung mandi agar tidak terlambat beraktivitas. Meskipun terasa segar, apakah langsung mandi begitu bangun tidur baik dari segi kesehatan?

Meskipun terlihat sepele, mandi setelah bangun tidur ternyata bisa membuat “kaget” tubuh. Dikutip dari doktersehat, kaget yang dimaksud di sini adalah saraf-saraf tubuh yang cenderung kaget.

Kondisi ini ditandai dengan kecenderungan semakin berdebarnya tubuh setelah kita mandi, disebabkan karena banyak saraf yang belum mampu memberikan keseimbangan untuk bergerak, namun sudah dikagetkan dengan aktifitas mandi.

Alhasil, tekanan darah cenderung tidak stabil dan membuat asupan darah ke bagian otak dan jantung akan berkurang. Hal ini yang mungkin pernah Anda rasakan, yaitu pusing atau tidak seimbang segera setelah bangun tidur.

Kondisi inilah yang membuat jantung berdebar karena mencoba menstabilkan tekanan darah pada kondisi aktif setelah istirahat semalaman.

Tubuh yang rileks saat tidur disebabkan oleh adanya tekanan darah yang merata pada seluruh bagian tubuh, khususnya pada bagian otak. Saat bangun dan kita langsung mandi, gaya gravitasi Bumi akan membuat darah cenderung akan mengalir ke arah kaki secara mendadak, sehingga fungsi organ tubuh lain bisa terganggu.

Disarankan agar tidak terburu-buru untuk segera mandi setelah bangun tidur, terlebih jika Anda mengalami waktu tidur yang tidak terlalu ideal, misalnya hanya 3-4 jam saja.

Ambil waktu untuk duduk sebentar di kasur, setidaknya membuat tubuh menjadi lebih siap untuk berjalan. Setelah itu barulah membersihkan diri. ** Baca juga: Kenapa Sih Banyak Orang Tidak Mood Kerja Senin?

Jika perlu, lakukan rileksasi seperti menarik napas, melakukan peregangan, dan minum air putih yang bisa membuat saraf terangsang untuk bangun dan beraktifitas dengan normal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru