oleh

Tidak Disarankan Konsumsi 9 Makanan Ini Agar Tidur Nyenyak

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kualitas tidur yang baik akan membuat Anda menjadi lebih bugar dan bersemangat untuk memulai kegiatan di pagi hari. Selain itu, konsentrasi Anda pun akan terjaga selama beraktivitas.

Selain masalah psikis, kurang nyenyak tidur ternyata juga bisa disebabkan karena makanan yang kita konsumsi sebelum beristirahat, baik makanan berat maupun camilan.

Apa saja sih makanan yang sebaiknya dihindari agar dapat tidur nyenyak? Dikutip dari nova.id, berikut makanan yang dimaksud:
1. Pizza
Kandungan karbohidrat yang tinggi dapat memperlambat sistem pencernaan.

2. Alkohol
Tidak hanya membuat cepat mengantuk, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga akan merusak pola tidur.

3. Semangka
Semangka mengandung kadar air yang tinggi, sehingga akan membangunkan kita untuk buang air ke kamar mandi lebih sering.

4. Dark chocolate
Cokelat hitam hanya pas dimakan sebagai snack malam, bukan sebagai makanan penutup sebelum tidur.

5. Saos tabasco
Saus ini dapat menyebabkan keasaman, gangguan pencernaan dan hati terbakar. Jika dikonsumsi secara berlebihan tentu saja akan membuat kita sulit tidur.

6. Makanan dalam kemasan
Jenis makanan yang mengandung lemak, gula, dan natrium yang tinggi ini tidak sehat untuk dikonsumsi malam karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

7. Tomat
Tomat dapat menghasilkan tingkat pH asam di dalam tubuh sehingga menyebabkan refleks asam dan gangguan pencernaan. ** Baca juga: Waspada, Sembarangan Berciuman Picu Penularan Penyakit

8. Yoghurt
Makanan fermentasi seperti yoghurt dan keju mengandung tyramine, asam amino dapat merangsang otak dan membuat kita lebih lama terjaga.

9. Buah kering
Jenis camilan ini memiliki kadar gula yang tinggi, tapi kurang air. Terlalu banyak mengonsumsi buah kering sebelum tidur dapat mengganggu isirahat Anda, mengakibatkan gangguan pencernaan perut dan meningkatkan kadar gula darah.

Sudah sehatkah tidur Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru