Tidak Disarankan Cuci Daging Ayam Sebelum Dimasak

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebelum mengolahnya menjadi menu masakan, sebagian orang mempunyai kebiasaan mencuci ayam mentah dengan air sekaligus menepuk-nepuknya agar bersih. Apakah kebiasaan tersebut dibenarkan?

Survei yang dilakukan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, dilansir VivaHealth, mengungkapkan fakta bahwa 67 persen orang AS mencuci daging sebelum memasaknya. Harus atau tidaknya daging mentah dicuci telah menjadi perdebatan panjang selama puluhan tahun. Manakah yang sebaiknya dilakukan?

Dinas kesehatan, ahli kuman, dan profesional lainnya seperti chef, telah sepakat dan menyarankan agar orang-orang berhenti mencuci daging mentah sebelum dimasak karena hal itu justru lebih berbahaya.

Hal yang tidak disadari banyak orang adalah, mencuci daging mentah tidak membuang bakteri, justru itu akan meningkatkan penyebaran bakteri berbahaya yang ada pada daging.

“Praktik ini tidak direkomendasikan oleh ahli keamanan pangan karena mencuci tidak akan menghilangkan patogen dan justru meningkatkan risiko kontaminasi makanan lain,” kata Food and Drug Administration Amerika Serikat.

Bahkan penggunaan air panas, cuka atau klorin untuk mencuci daging bukan solusi yang efektif. Unggas bisa dimasak tanpa dicuci asalkan disembelih secara aman dan dimasak dengan cara masak yang tepat. ** Baca juga: Ini Alasan Sebaiknya Tidak Konsumsi Obat dengan Minuman Berkafein

Cara paling aman agar tidak mengakibatkan kontaminasi silang adalah dengan memasak daging unggas sesuai suhu yang disarankan. Suhu tinggi akan membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit seperti Salmonella dan Campylobacter.(ilj/bbs)