oleh

Tetap Sehat Usai Lebaran dengan 6 Jus Ini

Kabar6-Selama lebaran, Anda mungkin sedikit ‘kalap’ mencicipi hampir semua hidangan yang tersedia, entah itu makanan berat bersantan atau berlemak, camilan, bahkan aneka minuman manis.

Padahal, sejumlah makanan tadi apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu beragam penyakit, salah satunya asam urat yang disebabkan terlalu banyak mengonsumsi zat purin.

Diketahui, zat purin biasanya terdapat dalam jeroan, kepiting, kerang, udang, cumi-cumi, atau daging merah. Gejala asam urat umumnya nyeri sendi dan bengkak. Pusat nyeri di sendi kaki ditandai dengan warna merah.

Lantas, bagaimana solusinya? Melansir beberapa sumber, berikut enam jenis jus yang sebaiknya dikonsumsi usai Lebaran agar Anda tetap sehat:

1. Jus ceri
Buah ceri dipercaya dapat membantu menghilangkan tumpukan-tumpukan asam urat pada area sendi-sendi tubuh. Buah berwarna merah ini mengandung zat antocyanin dan antiinflamasi yang bagus untuk penderita dengan keluhan kadar asam urat yang tinggi.

2. Jus lemon
Jus lemon juga sering direkomendasikan untuk mengatasi asam urat. Anda bisa mencampur jus lemon dengan dua sendok teh kunyit, dan sesendok teh cuka sari apel. Lalu, minum dua hingga tiga kali sehari.

3. Jus belimbing
Belimbing kaya kandungan pektin yang berguna mengurangi serapan lemak jahat di dalam tubuh. Pektin juga berfungsi sebagai penghancur ikatan purin dalam tubuh akibat penumpukan kolesterol.

4. Jus tomat
Tomat yang diolah menjadi jus juga dipercaya ampuh menurunkan asam urat. Tomat kaya vitamin C dan antioksidan dari golongan likopen, serta memiliki sifat basa atau alkali. Kandungan-kandungan ini dipercaya dapat menetralkan suasana tubuh yang terlalu asam.

5. Jus apel
Apel juga kaya kandungan pektin yang dapat menghalangi penyerapan lemak jahat dalam usus. ** Baca juga: Goodbye Insomnia dengan 5 Makanan yang Bikin Tidur Pulas

6. Jus Bit
Jus bit sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat, meringankan peradangan, dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Anda bisa mencampur satu buah bit dengan dua mentimun dan air secukupnya. Blender hingga halus, kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum campuran jus bit ini pada pagi hari saat perut masih kosong.

Jaga kesehatan agar aktivitas harian Anda tidak terganggu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru