oleh

Tetap Sehat Konsumsi Daging Saat Idul Adha

Kabar6-Setiap Hari Raya Idul Adha hampir dipastikan ada aneka makanan berbahan dasar daging, entah itu kambing atau sapi, yang diolah sekaligus dihidangkan untuk anggota keluarga usai salat Ied.

Di sisi lain, sebagian orang merasa khawatir akan kolesterol yang diakibatkan mengonsumsi daging merah terlalu banyak. Bagaimana solusinya? Melansir Herworld, berikut tips sehat konsumsi hidangan daging saat Idul Adha:

1. Jangan memakan daging sebelum tidur
Hal ini akan menyebabkan kualitas tidur Anda menurun. Baiknya, konsumsilah daging 2-3 jam sebelum tidur.

2. Perbanyak minum air putih
Pesta daging Anda harus diimbangi dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Air putih membantu mendorong sisa makanan sehingga tidak menyebabkan sembelit.

3. Hindari makanan pedas
Pililah menu daging yang tidak pedas untuk agar sistem pencernaan tidak terganggu. ** Baca juga: Saat Berada dalam Ruangan Ber-AC, Perlukah Ganti Masker?

4. Pisahkan lemak daging
Pastikan untuk menghilangkan semua lemak yang tertempel pada daging yang akan Anda masak atau makan karena berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Kombinasikan dengan sayur
Seimbangkan menu daging Anda dengan sayuran seperti tomat serta bawang putih, bombay, dan merah sebagai penetralisir.

6. Minum air hangat saat mengonsumsi daging
Air putih atau jeruk hangat dapat membantu membersihkan tenggorokan Anda selama menyantap daging. Hindari minuman manis layaknya kopi, teh, dan sirop.

Tetap sehat setelah makan hidangan daging dengan enam tips di atas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru