oleh

Terus Berkembang Biak, Taman Nasional di Israel Kewalahan Atasi Serangan Tokek Mesir

Kabar6-Serangan tokek Mesir yang menyebar di seluruh wilayah cekungan Laut Mati, dan terus berkembang biak dalam jumlah sangat mengkhawatirkan, membuat Otoritas Taman Nasional Israel (INPA) meminta bantuan penduduk Wadi Araba.

Bukan tanpa alasan, melansir Womidea, rupanya tokek Mesir ini dianggap merusak ekosistem dan bisa memakan tanaman warga. Pemerintah Israel berharap agar warga bisa memindahkan hewan reptil ini.

“Jika kalian berada di wilayah dengan penerangan jalan atau jenis penerangan lainnya yang bisa menarik serangga, atau daerah di mana kalian bisa melihat seekor tokek Mesir, tolong foto dengan ponsel kalian dan bagikan kepada kami,” demikian permintaan Kementerian Perlindungan Lingkungan Israel.

Diketahui, tokek Mesir dianggap makhluk menakutkan, juga memangsa burung-burung kecil. ** Baca juga: Pantau Emosi, Sopir Bus di Tiongkok Wajib Pakai Gelang Elektronik

“Tokek Mesir bisa memakan apa pun yang bisa ia mangsa. Di Afrika Utara, ia memakan gerbil (semacam hewan pengerat). Ia juga memakan tokek lainnya dan lintah dan berpotensi bahaya bagi apa pun yang hidup di habitatnya dan apa pun yang lebih kecil darinya,” ungkap Shai Meiri, ahli ilmu hewan di Universitas Tel Aviv.

Menurut laporan, otoritas Israel tidak bisa memastikan mengapa makhluk itu bisa sampai di Wadi Araba, yang membuat mereka meminta bantuan penduduk setempat.(ilj/bbs)