oleh

Ternyata Warna Paspor Miliki Arti Sendiri

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara, yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara.

Jika diperhatikan, ada beragam warna sampul paspor pada beberapa negara. Nah, tahukah Anda bahwa warna paspor memiliki arti tersendiri dan bukan sekadar hiasan? Penasaran? Dikutip Kompas ini dia arti warna paspor:

1. Paspor merah
Biasanya digunakan negara-negara anggota Uni Eropa, kecuali Kroasia, dan negara yang ingin menjadi anggota, misalnya Turki. Negara-negara di kawasan Pegunungan Andes seperti Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Peru juga memilih warna merah. Satu negara lain adalah Swiss, yang memilih warna merah sesuai dengan warna bendera nasionalnya.

2. Paspor biru
Warna biru kerap digunakan di “dunia baru” misalnya negara-negara di kawasan Karibia. Negara-negara uni Amerika Latin atau Mercosur yaitu Brasil, Argentina, Paraguay, Uruguay, dan Venezuela juga menggunakan warna biru untuk paspor mereka.

Satu-satunya negara Mercosur yang tak menggunakan warna biru adalah Venezuela yang masih mempertahankan warna merah saat masih menjadi anggota komunitas negara pegunungan Andes.

Sementara Amerika Serikat baru menggunakan warga biru untuk paspornya pada 1976, setelah sebelumnya menggunakan warna merah, pada 1930-an berwarna hijau, dan pada 1970-an menggunakan warna hitam.

3. Paspor hijau
Wakil presiden Passport Index Hrant Boghossian mengatakan, warna hijau biasanya digunakan di negara-negara Islam atau yang mayoritas penduduknya memeluk Islam. Berbagai variasi warna hijau juga digunakan negara-negara blok ekonomi Afrika Barat (ECOWAS).

4. Paspor hitam
Penggunaan warna ini lebih dikaitkan dengan kegunaan praktisnya. Warga gelap digunakan agar kotoran tak terlalu terlihat dan warna hitam terlihat lebih resmi, lebih elegan. Negara-negara yang memilih warga hitam untuk paspor mereka adalah Botswana, Zambia, dan Selandia Baru. ** Baca juga: Mau Untung Malah Buntung, Niat Beli Sneakers Yeezy Rp10 Juta, Malah Dapat Sendal Tidur

Untuk Indonesia, tentu saja kita memakai paspor berwarna hijau.(ilj/bbs)

Berita Terbaru