oleh

Ternyata Ada Makanan Sehat yang Bisa Rusak Diet, Lho

Kabar6-Makanan sehat umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan nutrisi yang lengkap.

Konsumsi makanan sehat, tidak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja. Mengonsumsi berbagai jenis makanan, justru dapat memberikan nutrisi berbeda-beda sehingga mampu melengkapi gizi yang dibutuhkan tubuh.

Namun tahukan Anda, ternyata ada makanan sehat yang bisa merusak diet, lho. Melansir WebMd, ini dia beberapa makanan yang dimaksud:

1. Salad caesar
Salad Caesar adalah hidangan dari selada dan roti panggang dipotong kecil, dan ditambahkan keju parmesan, jus lemon, minyak zaitun, telur, saus worcestershire, bawang putih, dan lada hitam. Semangkuk salad caesar mengandung sekira 300-400 kalori dan 30 gram lemak.

2. Smoothies
Minuman yang Anda kira sebagai minuman sehat karena terbuat dari buah, smoothies, ternyata mengandung sekira 80 gram gula, 350 kalori atau lebih, sedikit protein, dan seringkali sama sekali tidak mengandung buah segar.

Sebagian besar penjual smoothies mungkin hanya menggunakan perasa buah daripada buah segar. Selain itu, sorbet, es krim, dan pemanis yang terdapat di dalamnya juga membuat minuman ini menjadi semakin tidak sehat.

3. Muffin
Meskipun tidak mengandung kalori sebanyak donut, muffin tetaplah sebuah kue kecil yang terbuat dari tepung terigu dan gula. Satu buah muffin mengandung sekira 500 kalori dan 11 sendok teh gula.

4. Yoghurt rendah lemak
Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak protein dan kalsium, akan tetapi banyak yoghurt juga mengandung banyak gula. Beberapa jenis yogurt dapat mengandung 30 gram atau lebih fruktosa, sukrosa, atau pemanis lainnya.

5. Makanan yang ditambahkan dengan Omega 3
Beberapa jenis makanan seperti yoghurt, susu, telur, sereal, dan sebagainya menambahkan kandungan omega 3 di dalamnya sebagai satu lagi manfaat positif bagi kesehatan para konsumen. Namun omega 3 ini mungkin bukanlah omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda seperti EPA dan DHA.

6. Es teh
Antioksidan dalam es teh tidak membuat minuman ini menjadi makanan sehat, terutama bila Anda menambahkan gula ke minuman tersebut. Sekira 600 ml es teh manis mengandung lebih dari 200 kalori dan 59 gram gula.

7. Popcorn microwave
Setiap satu bungkus popcorn instan mengandung sekira 9 gram lemak. ** Baca juga: Perhatikan Beberapa Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan

8. Keripik pisang
Meskipun tidak tampak berminyak, 100 gram keripik pisang mengandung sekira 145 kalori, 9 gram lemak, dan 8 gram lemak jenuh, yang berarti hampir sama dengan sebuah burger.

Memilih makanan yang tepat akan membuat diet Anda sukses.(ilj/bbs)

Berita Terbaru