oleh

Ternyata, Ada 5 Benda di Dapur yang Jadi Sarang Kuman Paling Banyak

Kabar6-Tidak hanya di luar rumah, kuman bisa bersarang di mana saja, termasuk area dalam rumah. Hal yang tak disangka, benda yang paling kotor ternyata berada di dapur, lho. Dan hal itu tidak peduli seberapa sering kita membersihkannya.

Karena itulah kita disarankan untuk lebih memperhatikan sekaligus rutin membersihkan benda-benda tersebut. Melansir Foodbeast, berikut ima benda di dapur yang memiliki banyak kuman:

1. Spons cuci piring
Spons cuci piring disebutkan menjadi ‘media’ berkumpulnya banyak kuman. Hal itu juga yang membuat Anda harus mengganti spons cuci piring lama di rumah dengan spons yang baru satu hingga dua kali dalam satu pekan.

Menurut sebuah studi baru yang dilaporkan oleh The New York Times, karena tidak ada cara untuk membersihkan spons, maka benda itu sebaiknya segera buang dibuang dan jangan digunakan lagi.

2. Lap dapur
Idealnya, kita harus menggunakan serbet atau lap dapur setiap hari. Jangan lupa mencuci lap dapur menggunakan air bersuhu tinggi dengan campuran pemutih yang dituangkan langsung pada air atau mesin cuci.

3. Botol garam & lada
Kedua benda ini paling banyak disentuh di dapur. Jadi sebelum mengisinya lagi, cuci botol garam dan lada dengan air bersuhu tinggi agar steri. Jangan lupa bersihkan bagian luarnya dengan tisu antibakteri.

4. Gagang pintu
Pegangan pintu menjadi benda yang paling sering dipegang, entah itu pintu kulkas, pintu lemari atau laci kitchen set, pintu mesin cuci piring, dan sebagainya. Jadi bersihkan gagang pintu barang-barang di dapur dengan tisu antibakteri. Jangan lupa siapkan pembersih dan gunakan seminggu sekali untuk membersihkan semua gagang pintu di dapur.

5. Talenan
Jika tidak dijaga kebersihannya, kontaminasi bakteri bisa terjadi melalui talenan. Tidak cuci tangan dan juga tidak mencuci langsung talenan yang dipakai setelah memotong ayam atau daging lainnya, berisiko mencemari makanan apa pun yang menyentuh permukaan itu.

Kayu talenan memiliki permukaan yang sulit dibersihkan, sedangkan paparan suhu panas tinggi dan pemutih dapat merusak papan talenan. Jadi disarankan lebih baik menggunakan talenan kayu hanya untuk memotong sayuran. Sedangkan untuk memotong daging-dagingan, gunakan talenan bermaterial bahan plastik.  ** Baca juga: Sejumlah Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Datang Bulan

Jangan remehkan kebersihan benda-benda dalam dapur agar terhindar dari kuman berbahaya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru