oleh

Ternyata, 7 Hal Ini Bisa Picu Depresi

Kabar6-Nyaris sebagian besar manusia pernah mengalami depresi. Dalam tahap parah, depresi bisa menjadi penyebab seseorang mengakhiri hidupnya atau bunuh diri. Pada umumnya depresi disebabkan beberapa faktor antara lain tekanan hidup atau juga ketidakseimbangan kimiawi di dalam otak.

Namun di sisi lain, seperti dikutip dari Wartakesehatan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa depresi juga dapat dipicu karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Ini dia kebiasaan yang dimaksud:

1. Konsumsi junk food secara berlebihan
Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang doyan mengonsumsi junk food atau makanan olahan lainnya lebih rentan untuk terkena depresi karena kandungan bahan kimia di dalam makanan tersebut akan menyebabkan perubahan kimia di otak.

2. Jarang bersosialisasi
Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk diri sendiri dan kurang bersosialisasi bisa menyebabkan depresi, sebab kebiasaan tersebut mengakibatkan timbulnya pikiran negatif dan kesepian.

3. Kecanduan media sosial (medsos)
Jika Anda termasuk orang yang lebih sering menghabiskan waktu untuk ‘bermain’ media sosial, mulai sekarang sebaiknya berlatih untuk mengurangi kebiasaan ini. Alasannya, pengguna media sosial akan cenderung untuk sering multitasking yang bisa menyebabkan depresi.

4. Berada di sekitar orang negatif
Jika Anda menghabiskan banyak waktu berdekatan dengan orang yang negatif dan pesimis, hal tersebut bisa ‘menular’ sehingga akan menyebabkan depresi.

5. Merokok
Secara tidak disadari, merokok bisa menyebabkan efek samping yaitu depresi karena kandungan nikotin dalam rokok yang akan mengganggu keseimbangan struktur kimia di otak.

6. Bermalas-malasan
Malas akan membuat kadar hormon serotonin dalam otak meningkat yang akhirnya bisa membuat Anda depresi.

7. Memakai pil KB
Banyak wanita pengguna pil KB yang dilaporkan menderita atau menjadi korban depresi karena pil ini menyebabkan fluktuasi hormon dalam tubuh. Depresi yang dibiarkan semakin lama akan merusak kesehatan mental. ** Baca juga: Asupan Makanan yang Bantu Pembentukan Otot

Sebisa mungkin hindari hal-hal yang dapat memicu depresi karena akan merusak kesehaan mental Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru