Ternyata 5 Kebiasaan Ini Justru Tidak Sehat

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat ini tidak sedikit orang yang mulai menerapkan pola hidup sehat. Sayangnya, ternyata ada kebiasaan hidup sehat berlebihan yang berbahaya untuk kesehatan. Artinya, kebiasaan yang selama ini dianggap sehat, nyatanya justru tidak baik untuk kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima kebiasaan sehat yang dimaksud:

1. Bersihkan tubuh secara berlebihan
Mandi terlalu lama atau berlebihan membersihkan tubuh ternyata tidak baik untuk kesehatan karena dapat menimbulkan infeksi dan iritasi. Cobalah dari sekarang untuk mandi sewajarnya untuk menghilangkan kotoran, bakteri dan bau badan.

2. Menyeka keringat gunakan tangan
Setiap satu jam, tangan kita akan menyentuh lebih dari seribu bakteri. Karena itulah sebaiknya gunakan handuk kecil untuk menyeka keringat, karena jauh lebih aman dan akan terbebas dari serangan berbagai macam penyakit.

3. Gunakan penyedot debu
Membersihkan karpet atau sejenisnya memang dianjurkan lebih dari satu bulan, agar bakteri dan virus mati sehingga dan tidak menganggu kesehatan. Meskipun demikian, tidak disarankan untuk menggunakan penyedot debu terlalu sering karena malah tidak akan membunuh bakteri. Anda hanya perlu membersihkan karpet ke laundry setiap bulan untuk memberantas bakteri.

4. Kerap Memakai sanitizer
Terlalu sering memakai sanitizer menurut banyak penelitiaan tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan rentan terhadap bakteri.

5. Sikat gigi usai makan
Menyikat gigi langsung usai makan tidak disarankan, karena akan membuat gigi menjadi lebih rapuh. Anda hanya cukup membersihan gigi tiga kali dalam sehari. ** Baca juga: Studi Ungkapkan Kayu Manis Bantu Bakar Kalori

Sesuatu yang berlebihan memang tidak selamanya menyehatkan.(ilj/bbs)