oleh

Terlihat Sepele, Cara Sehat Atasi Mata Kering

Kabar6-Mengalami mata kering tentu sangat mengganggu aktivitas dan membuat Anda menjadi tidak nyaman melakukan aktivitas harian. Ada sejumlah gejala mata kering, antara lain perih, merah, terasa terbakar, dan seperti ada sesuatu yang mengganjal.

Kondisi mata kering disebabkan kurangnya produksi air mata yang seharusnya bisa menjaga penglihatan. Hal ini bisa disebabkan akibat berkendara, terlalu lama di depan layar gadget, atau bertambahnya usia.

Namun, melansir WebMD, ada sejumlah cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata kering. Apa sajakah itu?

1. Kompres hangat
Mata kering kekurangan cairan yang terdiri dari air, minyak, dan lendir. Ini bisa diperparah dengan meradang dan terkelupasnya kelopak mata, sehingga dapat menghambat kelenjar pembuat minyak. Cobalah untuk memberinya kelembapan dengan mengompres memakai kain hangat di mata yang terpejam.

2. Sering mencuci bulu mata
Jangan lupa untuk mencuci kelopak mata serta bulunya. Ini akan membantu mengendalikan peradangan. Gunakan sedikit sampo bayi atau sabun lembut lainnya sambil memijat bagian pangkal bulu mata.

3. Berkedip
Aktivitas yang melibatkan gadget akan membatasi berapa kali seseorang berkedip per menitnya. Ini bisa diatasi dengan teknik 20/20 atau menyediakan waktu 20 detik untuk memejamkan mata di setiap 20 menit sekali.

4. Konsumsi ikan berlemak
Lemak sehat dan omega-3 pada ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel terbukti dapat membantu kelenjar pembuat minyak di mata bekerja lebih baik dan bisa meredakan iritasi.

5. Tetap terhidrasi
Jangan lupa selalu minum air putih atau mineral untuk menjaga hidrasi tubuh, termasuk mata. Ini akan membuatnya tetap lembap. ** Baca juga: Bantu Hilangkan ‘Mata Panda’ dengan Makanan yang Tepat

6. Pakai kacamata wrap around
Kacamata wrap around atau yang memiliki bentuk pelindung bisa digunakan untuk membantu menghalau angin yang bisa membuat mata semakin kering.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru