oleh

Terlalu Banyak Makan Kue Bulan Bikin Warna Darah Pria Ini Seperti Susu

Kabar6-Karena terlalu banyak makan mooncake atau kue bulan, seorang pria bermarga Wang yang berasal dari Hangzhou, Tiongkok, harus mengalami kondisi kesehatan yang memprihatinkan pada ginjalnya.

Mooncake diketahui merupakan kue tradisional masyarakat Tiongkok, dan menjadi salah satu makanan yang wajib disajikan pada perayaan Festival Musim Gugur setiap tahunnya. Namun kini mooncake tidak hanya tersedia pada momen tertentu, sehingga bisa dikonsumsi kapan pun.

Wang sendiri adalah salah satu penggemar mooncake. Pria itu, melansir Asiaone, mengonsumsi mooncake tidak hanya pada Festival Musim Gugur, tapi juga di hari-hari biasa. Usai festival, Wang ternyata masih memiliki banyak mooncake. Alhasil, pria ini bisa memakain tiga sampai empat mooncake setiap hari.

Kebiasaan itu ternyata membuatnya kecanduan. Wang akhirnya rutin mengonsumsi mooncake setiap hari selama empat bulan. Padahal, kue tersebut mengandung gula dan minyak dalam jumlah yang cukup tinggi.

Hingga suatu hari, Wang yang memiliki masalah pada ginjalnya melakukan check-up rutin. Nah, dari situlah tim medis mendapati sesuatu yang mengejutkan saat melihat sampel darahnya. ** Baca juga: Misterius, Kuburan di Malaysia Keluarkan Cairan Mirip Darah

Aliran darah Wang yang diambil mengalir sangat lambat, dan ketika keluar warnanya tidak merah seperti pada umumnya. Darah Wang justru berwarna keruh dan ada beberapa bagiannya yang berwarna putih seperti susu.

Hasil pemeriksaan lab menunjukkan, kadar trigliserida dalam darah Wang 10 kali lebih tinggi daripada kadar normal. Trigliserida sendiri merupakan jenis lemak yang dapat ditemukan dalam darah. Dokter menduga, hal ini disebabkan karena kebiasaan Wang yang doyan makan mooncake.

Dokter pun menyarankan agar Wang mengubah kebiasaan mengemil menjadi lebih sehat dan terkontrol. Beruntung setelah perawatan selama beberapa waktu, kini kondisi Wang mulai pulih kembali.(ilj/bbs)