oleh

Terdengar Aneh, Beberapa Hal Ini Ternyata Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Kabar6-Menjaga suhu kamar tidur tetap sejuk atau menjauhkan diri dari gadget menjelang tidur merupakan salah satu dari beberapa hal yang selalu disarankan agar Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ternyata selain hal tersebut, dikutip dari doktersehat, terdapat beberapa cara yang mungkin terdengar aneh, namun ternyata dapat membantu Anda tidur nyenyak. Ini dia empat hal yang dimaksud:

1. Biarkan pintu kamar tidur terbuka
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Indoor Air menemukan bahwa ketika orang-orang tidur dengan pintu kamar dan jendela tertutup, mereka memiliki konsentrasi karbondioksida yang lebih tinggi di kamar tidur, yang mengindikasikan ventilasi buruk. Orang-orang juga terbangun lebih sering sepanjang malam saat jendela dan pintu mereka ditutup.

“Ventilasi yang buruk menyiratkan bahwa ada beberapa bahan kimia di ruangan yang mungkin berdampak pada kesehatan, fokus, kemampuan untuk bersantai, dan lain-lain,” kata Asit Mishra, PhD, penulis studi sekaligus peneliti di Eindhoven University of Technology di Belanda.

Jika kebisingan, keamanan, atau cuaca membuat Anda tidak bisa membuka jendela kamar tidur, disarankan Mishra untuk membiarkan pintu kamar terbuka yang cukup memperbaiki ventilasi.

2. Mandi air hangat sebelum tidur
Saat Anda mempersiapkan diri untuk tidur, suhu tubuh inti Anda turun. Menurut para ahli, Anda bisa membantu proses itu dengan melakukan pemanasan sebelum tidur dengan mandi air panas.

“Suhu tubuh dapat berkorelasi dengan ritme sirkadian, sehingga saat suhu mulai turun setelah mandi, ia dapat mempercepat rasa kantuk,” kata Jason Ong, PhD, profesor neurologi dan obat tidur di Fakultas Kedokteran Feinberg, Northwestern University.

Shower air panas bisa memiliki efek rileksasi dan bisa membantu Anda menurunkan suhu sebelum tidur, namun jangan tidur dalam kondisi rambut basah.

3. Tai Chi
Olahraga di siang hari telah lama direkomendasikan sebagai cara yang bermanfaat untuk memastikan tidur nyenyak di malam hari. Tapi manfaat yang didapat biasanya tidak langsung.

“Jika Anda menderita insomnia kronis, tidak seperti Anda akan membuat diri Anda lelah dengan satu olahraga dan tidur lebih nyenyak malam itu,” jelas Ong.

Satu rutinitas yang mungkin ingin Anda coba adalah tai chi, sebuah bentuk meditasi tradisional Tiongkok yang bergerak lambat. Dalam sebuah studi Journal of Clinical Oncology terbaru tentang pasien kanker payudara, sesi tai chi biasa sama efektifnya untuk menghilangkan gejala insomnia sebagai terapi perilaku kognitif, yang dianggap sebagai standar emas untuk pengobatan insomnia.

4. Gunakan kacamata berwarna kuning
Mengurangi waktu di hadapan layar sebelum tidur adalah hal yang terbaik. Sayangnya, terkadang Anda sulit melewatkan sebuah acara TV favorit. Periset di Columbia University memiliki solusi terbaik yaitu dengan memakai kacamata berwarna kuning yang bisa menghalangi sorotan cahaya dari layar TV, komputer, dan smartphone.

Dalam sebuah penelitian kecil terhadap 14 orang penderita insomnia, peserta mendapat sekira 30 menit ekstra tidur selama seminggu sambil mengenakan kacamata berwarna kuning selama dua jam sebelum tidur. Hasilnya, kualitas dan kecepatan tidur yang lebih baik, dibandingkan dengan minggu mereka memakai kacamata plasebo yang bening.

“Kacamata kuning mewakili intervensi terapeutik yang aman, terjangkau, dan mudah diimplementasikan untuk gejala insomnia,” tambah Ong. ** Baca juga: Benarkah Memikirkan Suatu Hal di Masa Lalu Dapat Bantu Anda Pecahkan Masalah?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru