oleh

Terdaftar Sebagai Penerima BLT, 9 Warga Desa Munjul Mengaku Tak Terima Duit

Kabar6-Sejumlah warga di RT 03 RW 01 Kampung Leungsir Desa Munjul Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang mengaku tidak pernah menerima bantuan langsung tunai (BLT) dampak Covid-19 yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) meskipun namanya terdaftar sebagai penerima BLT DD.

Bahkan ada beberapa warga yang mengaku diarahkan oleh oknum staf Desa Munjul untuk dibagikan kepada warga lain dengan alasan pemerataan.

EWT, MN, MYD, YLT, yang merupakan warga kampung Leungsir Desa Munjul merasa kaget saat mengetahui bahwa namanya terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD dampak Covid-19.

“Sumpah demi Allah, saya tidak merasa terima bantuan apapun, apalagi BLT DD dampak Covid-19, saya nggak tahu kalau nama saya terdaftar sebagai penerima, terus duit siapa yang ambil,” ungkap KPM itu dengan heran saat ditanya kabar6.com pada Sabtu (27/2/2021).

Ditempat yang sama, HMT warga RT 04/01 mengaku menerima bantuan langsung tunai (BLT) DD 2020, namun diarahkan untuk dibagikan kepada warga yang belum mendapatkan.

“Saya dapat BLT DD itu yang 600 ribu, tapi disuruh bagi dua dengan warga lain, karena nyuruh itu orang Desa, ya saya ikuti saja arahannya, saya nggak tahu kalau orang yang dibagikan itu terdaftar sebagai penerima BLT DD juga,” ucap HMT .

Sejumlah warga yang mengaku tidak menerima bantuan langsung tunai BLT DD itu membuat surat pernyataan tertulis dan bermaterai, yang menyatakan bahwa warga tersebut benar benar tidak menerima bantuan BLT DD dampak Covid-19 dari anggaran Dana Desa Munjul anggaran 2020..

Menyikapi adanya indikasi dugaan penyalahgunaan anggaran BLT Dana Desa, Aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat Tangerang Raya (ALTAR) langsung berkirim surat kepada Kepala Desa Munjul Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang untuk meminta klarifikasi terkait dugaan tersebut.

**Baca juga: Kuasa Hukum Buruh PT Freetrend Layangkan Surat ke KPK

“Hari ini kami dari ALTAR telah mengirim surat kepada Kepala Desa Munjul Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang dengan nomor : 040/Altar/III/2021 perihal konfirmasi klarifikasi dugaan penyelewengan anggaran BLT DD 2020, dan kami menunggu niat baik Kades Munjul untuk memberikan jawaban atau klarifikasi, sebelum kami meneruskan ke pihak terkait lainnya,” ungkap ketua ALTAR Taslim Wirawan kepada kabar6.com, Senin (1/3/2021).(Han)

Berita Terbaru