oleh

Terbukti Tidak Bersalah, Dapat Kompensasi Uang Ratusan Miliar Setelah Dipenjara Selama 39 Tahun

Kabar6-Setelah mendekam selama 39 tahun dalam penjara, Craig Coley diberi pengampunan oleh pemerintah kota Simi Valley, California, Amerika Serikat. Bukti DNA dan penyelidikan ulang yang begitu menguras waktu membuktikan dia tidak bersalah.

Pria yang ditahan sejak 1978 karena kasus pembunuhan terhadap kekasih dan putranya itu, melansir Dailynews, juga diberi kompensasi senilai sekira Rp294,3 miliar. “Inisiatif Departemen Kepolisian Simi Vallet untuk membuka kembali kasus ini, mengarah pada penemuan bukti DNA,” demikian pernyataan pemerintah kota. “Pada akhirnya terbukti bahwa Coley secara faktual tidak bersalah, dan mendapat pengampunan dari gubernur.”

Pemerintah kota akan membayar sekira US$4,9 juta dari jumlah tersebut, sementara sisanya dibayarkan oleh asuransi dan sumber lainnya. Coley yang kini berusia 71 tahun diketahui memiliki alibi pada saat pebunuhan terjadi. Penyelidik kemudian membuktikannya melalui seorang saksi mata yang mengetahui keberadaan Coley saat itu. Untuk membayar semua tagihan biaya hukum, orangtuanya bahkan tidak mampu melunasi kredit rumah. Mereka meninggal dunia ketika sang putra masih di penjara.

“Sekarang dia bisa menikmati sisa hidupnya, yang kami harap menjadi lebih baik ke depannya,” kata Ron Kaye, pengacara Coley. ** Baca juga: Potongan Pajak untuk Karyawan yang Berangkat ke Kantor Naik Sepeda

Diketahui, Coley adalah seorang veteran Perang Vietnam. Dia ditahan untuk diinterogasi pada hari peristiwa pembunuhan dan akhirnya didakwa. Sebelumnya, pria itu tidak memiliki catatan kriminal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru