oleh

Tenggelam, Tiga Awak KM Kartika II Selamat

Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Tiga awak Kapal Motor (KM) Kartika II bermuatan 1.972 tabung gas elpiji yang tenggelam di Perairan Selat Malaka pada 14 Agustus 2016 lalu, diselamatkan Kapal MT Southernpec 12 di Perairan Bangka Belitung.

Sebelum diselamatkan, tiga awak kapal nahas tersebut sempat terkatung-katung di tengah laut selama tiga hari.

Sudirman (27), Anak Buah Kapal (ABK), Aldi (32), ABK dan Andi Acok (34) Kapten Kapal, kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panggung Rawi,
Kota Cilegon.

Ketiganya harus menjalani perawatan intensif setelah terkatung-katung di tengah laut selama tiga hari setelah KM Kartika II tenggelam.

Andi Ucok mengatakan, dirinya tidak mengetahui penyebab pasti tenggelamnya KM Kartika II di Perairan Selat Malaka.

Kapal dengan kapasitas 24 grosston tersebut, bertolak dari Pelabuhan Pangkal Balam, Pangkal Pinang menuju Pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, dengan awak sebanyak lima orang termasuk Ucok.

Namun, setelah melakukan perjalanan selama 14 jam, kapal nahas tersebut berhadapan dengan cuaca buruk dan diterjang ombak setinggi 1,5 meter. Akibatnya, mesin kapal mati dan lambung kapal mengalami kebocoran.

“Sudir dan Haji Asek ditemukan lebih dulu oleh nelayan Kurau,” paparnya, Kamis (18/8/2016). **Baca juga: Polisi Gerebek Lokasi Penyuntikan Gas 12 KG di Tangerang.

Sementara itu, Kepala Basarnas Pos Sar Banten Hairoe Amir Abyan mengaku tidak mengetahui adanya evakuasi korban kapal tenggelam di Selat Malaka. **Baca juga: Hotel GMP Cilegon Dilaporkan Mantab Karyawannya.

Meski begitu pihaknya akan berkoordinasi dengan Basarnas asal korban yang ditemukan selamat tersebut. **Baca juga: Mantan Karyawan Hotel GMP Belum Ajukan Laporan Resmi.

“Terima kasih informasinya, nanti kita akan koordinasikan dengan yang di sana (Jambi-red),” jelasnya singkat.(sus)

Berita Terbaru