oleh

Temukan Kelangkaan Minyak, Komisi II Minta Disperindag Lebak Terus Komunikasi dengan Distributor

Kabar6-Komisi II DPRD Kabupaten Lebak melakukan sidak ke Pasar Rangkasbitung untuk mengecek ketersediaan dan harga bahan-bahan pokok, Senin (14/2/2022).

Ketua Komisi II DPRD Lebak Rully Sugiharto Wibowo menyebut, ketersediaan bahan-bahan pokok di pasar tradisional tersebut dalam kondisi aman. Begitu juga soal harga yang dinilainya masih dalam batas wajar meski ada kenaikan.

“Secara umum ready stoknya, lalu mengenai harga juga masih terjangkau,” kata Rully saat dihubungi Kabar6.com.

Namun, Komisi II menemukan persoalan pada komoditi minyak goreng. Rully menuturkan, minyak goreng, khusunya minyak dalam kemasan sangat sulit ditemukan. Walaupun tersedia minyak curah, hanya sedikit pedagang yang menjual dengan stok yang hanya sedikit.

**Baca juga: Usulan Bantuan Rumah Terdampak Gempa di Lebak Tunggu Verifikasi Pandeglang.

“Iya ini (Minyak goreng) termasuk langka ya, karena menurut pedagang memang cukup sulit mendapatkan barangnya. Di beberapa agen juga mengaku sudah cukup lama tidak ada minyak,” ungkap Rully.

Politisi Golkar ini meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lebak intens berkomunikasi dengan distributor dan asosiasi agar kelangkaan minyak bisa segera teratasi. Termasuk juga soal kebijakan pemerintah mengenai harga eceran tertinggi (HET), ini kan juga belum bisa dilakukan pedagang di pasar, kalaupun ada klaim subsidi harus jelas dulu kemana mereka bisa menebus itu,” papar Rully.(Nda)