Temuan BPK, Pandangan Umum Parlemen Tangsel “Lembek”

kabar6.com
Paripurna Pertanggungjawaban APBD 2017 Kota Tangsel.(yud)

Kabar6-Semua legislator di DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dari partai oposisi bersikap datar alias lembek atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

Padahal, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Banten mencatat ada sejumlah temuan dalam pelaksanaan belanja barang dan jasa yang bersumber dari APBD Tangsel tahun 2017.

Ketua Komisi III Bidang Keuangan DPRD Tangsel, Amar mengatakan, kalangan legislator hari ini bertemu dengan para pejabat dari lembaga eksekutif untuk membahas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Baginya semua temuan harus ditindak lanjuti. “Itu wajib hukumnya,” katanya saat dihubungi kabar6.com, Selasa (3/7/2018).

Amar bilang, BAdan Anggaran (Banang) membahas LHP sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri yang diatur juga oleh tata tertib DPRD.

Semua persoalan yang dibahas sesuai temuan BPK RI sampai pengembalian kerugian uang negara. Ditanya soal pengawasan anggaran dan kegiatan pembangunan yang dilakukan dewan selama ini seperti apa?.

“Setiap daerah pasti ada temuan. Gak ada 1 daerah pun yang luput dari temuan BPK RI,” ujar politikus yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Hanura Kota Tangsel kubu Oesman Sapta Odang itu.

Ditemui terpisah sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Taufik MA mengaku akan menyikapi adanya temuan yang terindikasi terjadi penyimpangan kas daerah.

Saat ini proses pembahasan masih dilakukan pada tingkat Banang dan fraksi-fraksi bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Temuan ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan memanggil kepala dinas terkait,” katanya menjawab pertanyaan kabar.com usai memimpin acara Rapat Paripurna Jawaban Walikota Atas Pandangan Umum Fraksi di Gedung IFA, Ciater, Kecamatan Serpong.

Politikus yang menjabat sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangsel itupun mengutarakan, saat ini masih dalam proses rapat pandangan umum fraksi-fraksi serta jawaban walikota.

Selanjutnya akan dibahas terkait temuan LHP BPK atas penggunaan APBD 2017 di sejumlah organisasi perangkat daerah.**Baca juga: Temuan BPK, TRUTH: Ada Indikasi Bancakan Proyek di Pemkot Tangsel.

“Ini juga nanti akan kita sikapi dari hasil pertemuan saat ini,” ujar Taufik.(yud)