oleh

Telur, Sahabat Terbaik Penjaga Memori Anda

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak hanya lezat dan mudah diolah untuk konsumsi sehari-hari, telur pun dapat meningkatkan mood, memelihara sel abu-abu otak dan bahkan mencegah kanker.

Para penelitian dari Wake Forest University, dikutip meetdoctor, tidak menemukan hubungan antara makan telur dengan penyakit jantung. Bahkan, banyak ahli kesehatan terkemuka menyebut telur sebagai makanan yang sempurna.

Bagian putih dan kuning telur bekerjasama menjaga kesehatan karena mengandung vitamin penting, lemak sehat, mineral, dan nutrisi lainnya. Nah, apa saja manfaat mengonsumsi telur?

1. Meningkatkan mood secara instan
Telur mengandung asam lemak Omega-3, seng, vitamin B, dan iodida. Semuanya itu bekerjasama melawan kelelahan dan membalikkan suasana hati yang buruk.

2. Memelihara sistem otot Anda
Telur adalah salah satu sumber makanan alami yang mengandung protein untuk menjaga massa otot. Vitamin 12 dalam telur juga membantu kontraksi otot ketika Anda bergerak.

3. Melawan kanker
Wanita yang mengonsumsi  lebih banyak kolin (nutrisi yang ditemukan dalam telur) memiliki risiko kanker payudara 24 persen lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang kurang mengonsumsi kolin, demikian menurut sebuah studi baru-baru ini. Satu telur ukuran besar mengandung sekitar 30 persen porsi harian kolin yang dianjurkan oleh FDA.

4. Menjaga memori
Kolin dalam telur juga berfungsi untuk membantu menjaga memori Anda tetap tajam dengan cara meningkatkan pelepasan asetilkolin, neurotransmitter yang membantu penyimpanan memori di dalam otak.

5. Menjaga penglihatan tetap sehat
Telur merupakan sumber makanan alami yang kaya akan lutein dan zeaxanthin-antioksidan yang membantu mencegah degenerasi makula dan katarak.

6. Membantu melangsingkan tubuh
Para peneliti dari Louisiana State University menemukan bahwa ketika orang yang kelebihan berat badan memilih sarapan telur dibanding makanan sumber karbohidrat sederhana seperti roti putih, nasi goreng dan bagel setidaknya lima kali seminggu, mereka kehilangan 65 persen berat badannya.

Dan ilmuwan Saint Louis University menemukan bahwa makan telur di pagi hari menyebabkan Anda mengonsumsi kalori pada siang hari. ** Baca juga: Kenapa Sih Wanita Lebih Susah Turunkan Berat Badan Ketimbang Pria?

Jadikan telur sebagai sahabat Anda dalam menu sehari-hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru