oleh

Telur Rebus Punya 6 Manfaat yang Mengejutkan

Kabar6-Banyak orang memilih telur rebus sebagai salah satu menu sarapan. Tidak hanya kaya protein dan lezat, makanan yang satu ini memang mudah dimasak.

Pada satu butir telur rebus (50 gram) mengandung banyak nutrisi seperti kalori, karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, B2, B12 dan B5, serta asam amino yang merupakan sumber protein lengkap. Sebutir telur rebus memiliki 77 kalori, lemak lima gram, dan karbohidrat 0,6 gram.

Protein tidak hanya terkandung pada putih telur, tapi juga hampir setengah dari kuning telur. Karena itu, lebih baik mengonsumsi telur secara utuh, putih dan kuning, untuk mendapatkan protein dan nutrisi yang lengkap. Melansir Femina, berikut manfaat mengonsumsi telur rebus secara rutin:

1. Tingkatkan metabolisme
Telur rebus mengandung kolin yang dapat meningkatkan kadar adiponectin yang bisa meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemampuan tubuh saat merespon insulin, serta memperlancar proses pencernaan lemak. Kandungan kolin dalam telur rebus juga dapat membantu proses pencernaan lemak serta mencegah penumpukan lemak pada tubuh.

2. Cocok untuk diet
Kandungan telur rebus yang rendah yaitu sekira 77 kalori ditambah proses memasaknya yang tidak memerlukan minyak ataupun lemak menjadi pilihan mereka yang tengah menjalani diet.

Telur rebus bisa menggantikan sumber protein lain seperti ayam dan daging. Namun, jika tidak dikonsumsi dengan benar, telur rebus bisa menimbulkan efek samping. Jadi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap telur atau tidak, untuk mengurangi risiko.

3. Jaga kesehatan mata
Telur mengandung lutein dan zeaxanthin yaitu antioksidan yang mempunyai peran penting untuk kesehatan mata. Sedangkan kandungan antioksidannya dapat mempertahankan kesehatan retina mata. Orang yang sudah tua, yang rentan mengalami penurunan pada kemampuan penglihatannya disarankan untuk mengonsumsi telur rebus.

4. Bantu pertumbuhan otak
Telur rebus mengandung kolin yang dikelompokan dalam vitamin B. Kolin dibutuhkan untuk membangun membran sel dan membantu produksi molekul sinyal dalam otak. Mengonsumsi telur rebus akan memenuhi kebutuhan tubuh akan kolin yang berperan dalam membantu menjaga kesehatan otak.

5. Turunkan risiko penyakit jantung
Telur rebus diperkaya kandungan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Kadar trigliserida dalam darah yang tinggi, dapat meningkatkan faktor risiko penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi lima butir telur yang diperkaya dengan omega 3 per minggu selama tiga minggu dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah sebesar 16-18 persen. Selain itu, kandungan kolin dalam telur rebus juga berperan penting dalam memecah asam amino homosistein, yang berhubungan dengan perkembangan jantung.

6. Optimalkan masa tulang dan otot
Protein adalah komponen vital untuk kesehatan seseorang, termasuk memengoptimalkan massa otot dan tulang. Asam Amino Esensial yang terkandung dalam telur dapat mengoptimalkan massa otot dan tulang, serta memproduksi hormon dan enzim tubuh.

Telur mengandung enam gram protein lengkap, bahkan telur disebut sebagai protein terbaik untuk dikonsumsi karena mengandung sembilan asam amino esensial.

Nah, asam amino essensial yang seimbang dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah, dan mengoptimalkan kesehatan tulang. ** Baca juga: Setop Makan Berlebihan Selama Physical Distancing

Meskipun demikian, telur tetap memiliki risiko. Salah satunya kandungan kolesterol yang tinggi yaitu sebesar 212 mg. Selain itu, masak telur hingga benar-benar matang untuk menghindari munculnya bakteri salmonella, yang biasanya membuat seseorang seperti keracunan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru