oleh

Telat Sarapan, Makan Jelang Siang Ternyata Punya Aturan Agar Kondisi Lambung Tetap Sehat

Kabar6-Meskipun sarapan berfungsi untuk memenuhi nutrisi tubuh sehari-hari, sebagian orang ternyata tidak terbiasa mengisi perut di pagi hari. Mereka lebih memilih makan menjelang jam istirahat siang. Hal itu dilakukan karena perut belum siap menerima asupan makanan di pagi hari.

Pada dasarnya, melansir TabloidBintang, tidak masalah makan pertama dilakukan menjelang siang sekira pukul 10.00 atau 11.00, asalkan makanan yang dikonsumsi bukan camilan atau kue, namun harus ada unsur karbohidrat, protein, dan lemak. Hal yang harus diperhatikan, usai sarapan yang terlambat, makan siang tetap tidak boleh dilewatkan.

Apabila masih kenyang, waktu makan siang bisa diundur menjadi pukul 13.00 atau pukul 14.000. Sedangkan makan malam menjadi pukul 19.00 atau pukul 20.00. Jadi waktu sarapan atau makan pertama sebenarnya fleksibel, bisa disesuaikan dengan aktivitas harian Anda. ** Baca juga: Penyebab Sering Lapar Saat Sedang Beraktivitas

Sarapan wajib bagi mereka yang melakukan aktivitas yang menuntut konsentrasi pada pagi hari. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat dan protein. Hal ini karena nutrisi ke otak satu-satunya adalah glukosa yang berasal dari karbohidrat. Jika otak tidak memperoleh energi, maka tubuh akan sulit berkonsentrasi sehingga menimbulkan kantuk.(ilj/bbs)

Berita Terbaru