oleh

Telan Rp. 400 Juta, Benteng Art Festival Jangan Seremonial

Kabar6-Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar pawai budaya bertajuk ‘Benteng Art Festival’, yang sedianya bakal dilaksanakan pada 17 hingga 19 Oktober 2014 mendatang, kiranya mengundang perhatian publik.

Ya, informasi yang dihimpun, acara yang berlangsung selama 3 hari di Taman Plaza Puspem, Jalan Satria Sudirman tersebut menelan anggaran sebesar Rp400 juta rupiah.

Ketua HMI MPO Tangerang Raya, Faridal Arkam Maschus menegaskan, pihaknya berharap kegiatan tersebut jangan hanya dijadikan sekedar seremonial saja, melainkan harus memiliki tujuan yang jelas. Terlebih, kata dia, acara tersebut bakal menghabiskan anggaran yang cukup besar.

“Jadi konsep yang dibangun haruslah jelas. Begitupun dengan tujuannya, agar target yang ingin dicapai dapat terwujud. Kami juga berharap masyarakat bukan hanya dijadikan objek saja tetapi dijadikan subyek yaitu dengan melibatkan masyarakat,” ungkapnya, Selasa (14/10/2014).

Menurutnya, pihak penyelenggara dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Tangerang mempunyai peran penting dan tanggung jawab mengembangkan kesenian dan kebudayaan kota Tangerang.

“Agar yang ditampilkan adalah kesenian dan kebudayaan asli masyarakat Kota Tangerang, bukan kesenian orang lain. Dan, kami rasa masyarakat akan bangga apabila yang ditampilkannya adalah kesenian dan kebudayaan asli kita. Untuk itu, saya minta dalam kegiatan tersebut lebih banyak menampilkan karya masyarakat Kota Tangerang, bukan kegiatan luar apalagi budaya barat,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengharapkan kegiatan tersebut dapat dipersiapkan sebaik mungkin. **Baca juga: Honorer DKPP Tangsel Sodomi Korban Terakhir di Mesjid.

Sehingga pagelaran tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat menyuguhkan sajian menarik tak hanya bagi masyarakat Kota Tangerang akan tetapi dari luar Kota Tangerang dan pada akhirnya dapat turut meningkatkan potensi pariwisata serta peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kota Tangerang.

“Acara bagus dan menarik, potensi ekonomi, pariwisata pun akan tumbuh karena banyaknya para pengunjung yang datang. Kami ingin memberikan suguhan yang menghibur, memberikan edukasi serta dapat dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Untuk diketahui, dalam pagelaran Benteng Art Festival tersebut, kiranya akan menghadirkan beragam sajian pertunjukan, diantaranya adalah wayang kulit, lenong betawi, gambang kromong, campur sari, reog ponorogo, barong bali, barongsai & liong, debus, batik Kota Tangerang, Indonesia mendongeng bersama Kak Seto, stand seni budaya, tari kolosal, band, komunitas Ebiet G. Ade.

Aneka perlombaan seni budaya ini tak lain sebagai wujud kepedulian Pemkot Tangerang terhadap keberadaan dan perkembangan seni dan budaya yang ada di Kota Tangerang yang memang merupakan perpaduan dari berbagai ragam seni dan budaya.(Ges)

Berita Terbaru