oleh

Telan Kapsul Sabu Rp. 1,5 Miliar, Wanita Kenya Ditangkap

Kabar6-NL (34), wanita asal Kenya nekat menyelundupkan sabu seberat 1112 gram atau senilai Rp. 1,5 milliar. Uniknya, barang haram yang dikemas menggunakan 94 butir kapsul itu diselundupkan dengan cara ditelan.

Penumpang Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR-954 rute Doha-Jakarta itu diringkus sesaat setelah menginjakkan kaki di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Okto Irianto mengatakan, saat diperiksa tersangka mengaku menelan kapsul tersebut satu-persatu saat masih berada di Doha.

“Meski berada di dalam perut, namun keberadaan puluhan kapsul sabu itu tetap berhasil dideteksi petugas. Hingga akhirnya, kapsul-kapsul itu berhasil dikeluarkan dengan bantuan alat pencerna,” ujar Okto, Rabu (23/4/2014).

Selain meringkus NL, petugas Bea dan Cukai Bandara Soetta bekerjasama dengan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) juga berhasil mengungkap 5 kasus penyelundupan serupa dengan berbagai modus.

Mulai dari menyembunyikan sabu di dalam lilin, tabung filter, gear box mesin hingga celana dalam. Dari 5 kasus tersebut, petugas berhasil mengamankan 4 warga Indonesia, masing-masing PN, EB, M, DN dan seorang warga China berinisial LF. **Baca juga: Supir Avanza Penikam Security Bandara Ditangkap.

“Penangkapan berlangsung sejak 26 Maret hingga 5 April 2014. Sedangkan total barang bukti yang berhasil disita seberat 4.344 gram shabu dan 5.140 butir tablet ketamine, dengan estimasi rupiah mencapai Rp 11 miliar,” jelasnya.(ali)

Berita Terbaru