oleh

Tb Iman: Jangan Juga Tukang Cat Didatangkan dari China

Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi.(bbs)

Kabar6-Walikota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi mewaspadai masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke Kota Cilegon, dengan menyalahgunakan izin tinggal.

Kewaspadaan Iman kiranya cukup beralasan, mengingat jumlah tenaga kerja asal Cina dan Korea di kota industri itu kini mencapai ribuan jiwa.

Terkait hal ini, Iman telah menginstruksikan sejumlah instansi terkait seperti Disnaker dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) segera berkoordinasi dengan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Cilegon, guna memperketat pengawasan dan memantau satu persatu perusahaan di wilayah itu.

Menurut dia, kewaspadaan perlu dilakukan, guna melindungi keberadaan buruh lokal dari maraknya tenaga kerja asing di Kota Cilegon.

“Rekrutmen TKA itu (pilihan) terahir. Misalnua (perusahaan) butuh skill tinggi yang tidak ada di Indonesia,” kata Iman kepada Kabar6.com, Senin (1/8/2016). **Baca juga: Relawan Tujuh Negara Terlibat Pembangunan Jembatan di Pandeglang.

Iman menambahkan, perusahaan yang berdiri di Kota Cilegon juga harus memiliki kontribusi bagi masyarakat, salah satunya dengan menyerap tenaga kerja lokal. **Baca juga: Walikota Cilegon Minta PT Cabot Indonesia Kaji Ulang PHK Sepihak.

“Perusahaan juga tidak boleh melakukan perekrutan tenaga kerja asing sembarangan. Jangan juga tukang cat didatangkan dari Cina,” katanya.(sus)

Berita Terbaru